Berbagi Implementasi Kurikulum 2013

SSE

Iklan

Sistem portofolio di Ananda Islamic School Secondary (SMP dan SMA)

IMG_2582 IMG_2580 IMG_2578 IMG_2579

Sebagai seorang pembelajar semua siswa di secondary diajarkan untuk menyusun dokumen pembelajarannya setiap 6 bulan sekali. Hal ini sangat penting dikarenakan pembelajaran yang dilakukan direncanakan dengan baik oleh para guru dan siswa dianggap sebagai mitra dalam pembelajaran.

Portfolio berguna sebagai sarana siswa merayakan keberhasilan pembelajaran. Karena isi dari portfolio ini siswa yang memilih berdasarkan pertanyaan dan umpan balik yang diberikan oleh semua guru yang mengajar. Misalnya ‘kegiatan mana yang paling kalian sukai’ atau ‘ jika kalian diminta mengulangi kegiatan belajar ini maka apa yang akan kalian lakukan untuk bisa hasilkan yang terbaik?’. Dengan demikian siswa belajar untuk bersikap reflektif dan belajar dari kesalahan

Pola pikir siswa yang kreatif

Menurut anda yang mana pola pikir siswa yang kreatif

Pola pikir 1

  • Saya memastikan diri kalau saya ini akan selalu berhasil
  • Saya sadar bahwa kemampuan saya sudah pasti dan terukur
  • Sukses = membuktikan bahwa saya pintar dan berbakat
  • Gagal berarti saya kurang berbakat atau kurang pintar
  • Gagal berarti yaa saya sudah gagal
  • Saya cuma tertarik pada hasil
  • Saya menghindari tantangan
  • Saya senang jika merasa di zona aman (merasa pintar atau berbakat)
  • Saya hanya senang punya nilai yang tinggi
  • Kalau saya gagal saya akan cari alasan atau salahkan orang lain
  • Saya merasa diri ini keren ketika
  • …tidak berbuat kesalahan
  • …ketika saya menang atau saya sempurna
  • …ketika saya bisa dan orang lain tidak bisa

Pola pikir 2

  • Saya memastikan diri kalau saya ini mau mencoba dan belajar sesuatu yang baru
  • Saya sadar bahwa kemampuan saya pasti bisa bertambah sesuai usaha
  • Sukses = siap untuk belajar hal baru lagi
  • Gagal berarti saya kurang melatih hal yang sudah menjadi kelebihan saya
  • Gagal berarti keberhasilan yang tertunda, Sakit sih ..namun it’s ok
  • Saya tertarik pada proses baru pada hasil
  • Saya mencari tantangan
  • Saya senang jika ada kesempatan untuk tumbuh dan mencoba hal baru
  • Kalau saya belajar dari kegagalan
  • Saya merasa diri ini keren ketika…
  • …mencoba dengan susah payah
  • …ketika saya bekerja keras dan melalui target yang saya tentukan sendiri