9 Langkah sukses satu tahun ajaran

Diperlukan energi yang luar biasa bagi seorang guru untuk bisa ‘bersinar’ sepanjang satu tahun ajaran. Apa saja cara yang bisa guru lakukan agar selama satu tahun ia menjadi sosok yang selalu menginspirasi

1. Selalu mengutamakan penampilan. Pakaian yang digunakan pantas dan nyaman sekaligus profesional serta sesuai dengan kemampuan. Apakah anda punya bintang idola, bayangkan anda menjadi bintang tersebut didepan siswa.

2. Lakukan semua hal agar siswa tahu apa yang akan mereka pelajari. Sebagian guru ada yang mencicil lewat kelas online untuk bisa dilihat kapan saja oleh murid. Ada juga yang menghias kelasnya dengan tulisan atau hiasan yang terkait dengan tujuan pembelajaran.

3. Berdiri di depan pintu kelas sebelum pelajaran dimulai untuk menyambut siswa masuk kelas.

4. Antusias lah atau berpura pura lah antusias saat anda harus mengajar padahal sedang ada pikiran lain yang mengganggu. Saat anda berpura pura maka antusiasme anda lama kelamaan akan terlihat asli dan bisa menginspirasi siswa.

5. Saat dalam perjalanan di sekolah jangan biarkan pikiran anda kosong atau memikirkan hal lain diluar urusan mengajar. Ucapkan dalam hati “saya adalah guru profesional dan siswa saya senang belajar dengan saya sebagai gurunya’.

6. Siswa hanya akan ingat 3 hal dalam diri anda. Bagaimana anda ‘berbicara’, ‘mengajar’ dan ‘peduli’. Ketiga hal tadi jika anda lakukan dengan penuh semangat serta aktif dan antusias maka murid akan lekat dan mengingat anda.

7. Guru yang galak dan tidak disukai siswa adalah guru yang perfeksionis. Berupaya lah untuk menjadi guru yang fokus pada standar namun fleksibel pada cara. Guru yang perfeksionis hanya akan membuat kelas menjadi kaku.

8. Dengar suara anda sendiri ketika anda berbicara. Jika anda belum bisa melakukannya secara mandiri bisa saja anda merekam. Guru yang sukses mencuri perhatian dari suaranya yang menenangkan namun tegas saat memberikan arahan.

9. Membiasakan diri melakukan persiapan. Salah satu persiapan yang penting adalah koleksi kegiatan jika kelas selesai lebih cepat dikarenakan siswa aktif. Jika sudah ada persiapan sebelumnya hal hal yang tidak berjalan pun akan menjadi pelajaran yang membuat guru makin cakap dan profesional

Selamat melalui satu tahun ajaran dengan sukses

Penulis: agusampurno

Mitra menuju sekolah efektif dan guru profesional

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: