Ragam Topik Pelatihan Pembelajaran Jarak Jauh Efektif Bagi Guru dan sekolah anda

  1. ‘Strategi efektif manajemen kelas online bagi siswa generasi Z’

Deskripsi pelatihan.
Peserta pelatihan akan diberikan tata cara yang aplikatif dan efektif dalam mengelola kelas secara online yang berisi siswa bertipe generasi z. Generasi yang sekarang ada di bangku sekolah dan menjadi perhatian karena kritis dan kemampuannya yang baik dalam hal teknologi dan berbeda gaya komunikasi dan cara belajarnya.

Peserta akan mempertimbangkan dampaknya terhadap pembelajaran siswa dan akan dibekali cara serta strategi dalam mengelola kelas dengan cara efektif dengan strategi kekinian yang membuat siswa merasa dimengerti dan dihargai oleh guru sebagai fasilitator pembelajaran.

  1. ‘Penggunaan strategi pembelajaran yang efektif dalam pembelajaran online’

Deskripsi pelatihan.

Workshop ini akan memberi peserta kesempatan dalam menelaah lebih dalam mengenai teori belajar dan desain instruksional pembelajaran jarak jauh serta prinsip-prinsip yang mendukung kurikulum dalam situasi seperti saat ini. Peserta akan membahas pertanyaan utama “Seberapa baik kita selama ini dalam belajar dan mengajar secara jarak jauh?”.

Peserta akan diperkenalkan ke berbagai strategi pengajaran praktis yang efektif dalam membantu memfasilitasi gaya pembelajaran serta kecerdasan siswa yang berbeda di kelas. Peserta akan membahas questioning skills (keterampilan bertanya), diferensiasi, pengelompokan dan gaya belajar, digaris bawahi oleh prinsip-prinsip Backward design dan penilaian efektif untuk belajar. Diharapkan setelah pelatihan ini guru mampu mengekslorasi Kurikulum nya sendiri sebagai peta dan semakin memilki kreativitas dan rasa percaya diri sebagai energi untuk menapakinya.

  1. ‘Melakukan penilaian yang autentik dalam pembelajaran jarak jauh di kelas online’

Deskripsi pelatihan

Workshop ini menawarkan kesempatan guru untuk mengeksplorasi perkembangan terbaru dalam proses penilaian terhadap siswa yang aplikatif. Peserta akan diberikan pemahaman dalam mengidentifikasi apa yang diketahui siswa, bagaimana membuat siswa paham/mengerti terhadap proses pembelajaran yang dilakukan dan bagaimana melakukan pengumpulan hasil karya/nilai siswa yang cermat dan analisis informasi tentang kinerja siswa. Guru akan mengeksplorasi tujuan penilaian, berbagai praktik penilaian, pencatatan sampai bagaimana mengkomunikasikan dan pengembangan kebijakan penilaian di seluruh sekolah.

Termasuk dalam alam pelatihan ini guru juga akan dipandu dalam memahami digital portfolio dan Student lead conference sebuah cara dalam pengambilan rapor siswa agar tercipta suasana kondusif dalam memperbaiki dan merayakan kinerja serta hasil belajar siswa.

  1. ‘Strategi aplikatif dalam pengembangan RPP yang sesuai dengan semangat pembelajaran jarak jauh yang efektif’

Deskripsi pelatihan
Pelatihan ini memberi guru kesempatan untuk mempelajari lebih lanjut bagaimana membuat RPP dalam pembelajaran online yang bermakna sebagai sebuah dokumen kerja yang mengarahkan pengajaran guru dan refleksi tentang diri mereka sendiri dan siswa saat mereka mengajar di kelas. Jika dilihat kondisi secara umum RPP guru biasanya sudah memenuhi standar penerapan kurikulum namun dari segi kreatifitas masih standar dan sangat perlu untuk dikembangkan terutama untuk menggunakan strategi pembelajaran, Collaborative Learning serta pengembangan media dan alat peraga dalam situasi pembelajaran jarak jauh seperti saat ini.


Untuk itu para guru ditantang untuk dapat mengembangkan ulang RPP yang ada dengan memenuhi persyaratan guna menjadikan RPP tersebut lebih sesuai dengan situasi pembelajaran jarak jauh seperti saat ini.

  1. ‘Metode dan strategi efektif dalam berkomunikasi dengan orang tua siswa dalam masa pembelajaran jarak jauh.

Deskripsi Pelatihan

Keberhasilan belajar siswa tidak terlepas dari peran guru dan orang tua dalam bekerja sama. Disamping peran manajemen (Kepala sekolah dan wakilnya) serta pihak pemangku kepentingan lainnya. Diperlukan strategi komunikasi yang jitu agar komponen-komponen tersebut dapat melaksanakan perannya secara efektif. Komunikasi yang baik di sekolah adalah upaya antara staff pengajar, staff non pengajar, orang tua dan stakeholder lainnya dalam memahami tujuan kegiatan pembelajaran yang diselenggarakan.
Orang tua siswa adalah sosok yang memberi kontribusi terbesar terhadap keberhasilan anak mereka dan kemajuannya di sekolah. Sebagai sebuah kelompok, orang tua mewakili seorang pemangku kepentingan yang signifikan dalam komunitas sekolah dan berkontribusi dalam banyak tipe keberhasilan (akademis dan non akademis).
Dalam kaitan situasi saat ini sangat terlihat peran serta orang tua siswa dalam membuat Pendidikan di masa pandemi ini bisa berhasil.
Di tengah perkembangan moda komunikasi yang makin beragam, sebuah sekolah sebagai organisasi pembelajar tetap memerlukan kemampuan dari guru-gurunya untuk bisa berkomunikasi dengan profesional dan efektif. Dalam pelatihan ini guru akan diberikan strategi membangun kemitraan, mengenal tipe orang tua siswa, memperlakukan orang tua sebagai klien, pelanggan dan mitra, strategi mengelola keluhan dari orang tua siswa. Guru sebagai peserta juga akan dikenalkan dengan model-model keterlibatan orangtua di kelas online dan di sekolah serta pembahasan studi kasus.

  1. ‘Strategi mendorong kreativitas siswa dalam pembelajaran di kelas online’
    Deskripsi Pelatihan.

Lebih dari empat dekade lalu, psikoanalis Dr Silvano Arieti (1976) mengidentifikasi bahwa, kreativitas adalah subjek yang bisa dipelajari dan ditumbuhkan di kalangan siswa. Sekarang ini makna kreativitas menjadi perhatian dalam dunia pendidikan jauh dari masa sebelumnya. Dalam pelatihan ini peserta akan diberikan gambaran mengenai “Apa kompetensi yang diperlukan untuk masa depan? “dan” Apa harus diajarkan di sekolah?”


Meskipun kreativitas itu sendiri adalah konsep yang luas dan sulit dipahami, melalui pelatihan ini peserta dapat menumbuhkan cara-cara nyata untuk mempromosikan kreativitas di ruang kelas pembelajaran online dan membekali siswa untuk masa depan. Di dalam pelatihan, peserta akan mengembangkan pemahaman berikut:

• sifat kreativitas
• model dan pendekatan untuk kreativitas
• peran kreativitas dalam pendidikan
• kreativitas dalam kurikulum (mengajar secara kreatif dan mempromosikan kreativitas pada anak-anak)
• cara-cara untuk meningkatkan kreativitas dalam diri siswa dan dalam diri guru
• membangun komunitas belajar online yang menumbuhkan kreativitas.

  1. ‘Strategi membuat bahan ajar yang kreatif dalam pembelajaran online.’
    Deskripsi pelatihan

Dalam situasi saat ini Flipped Classroom (kelas yang dilipat) menggantikan ceramah guru dengan materi instruksional — sering berupa video — yang ditonton dan bisa dijadikan ajang interaksi dengan siswa di rumah. Mereka menerapkan apa yang mereka pelajari di kelas pada hari berikutnya melalui berbagai kegiatan atau tugas yang mungkin pernah menjadi pekerjaan rumah, dengan guru yang bekerja sebagai pelatih atau pemandu. Manfaat dari Flipped Classroom adalah memungkinkan siswa untuk bekerja pada kecepatan mereka sendiri, untuk menentukan sendiri materi yang mereka butuhkan untuk ditinjau, dan untuk menerapkan konsep dalam konteks yang berbeda di kelas untuk memastikan bahwa mereka benar-benar memahami konten.


Dalam pelatihan akan membahas latar belakang tentang model fipped classroom, tips untuk mengatur konten dan menghasilkan flip video, instruksi tentang cara memproduksi dan mendistribusikan video, dan strategi untuk memanfaatkan waktu dikelas. Guru sebagai peserta akan menjelajahi berbagai sumber di internet yang tersedia untuk memproduksi dan mendistribusikan video pembelajaran. Guru juga akan dipandu dalam proses perencanaan sampai pengajaran model kelas ini dari awal sampai akhir. Di akhir pelatihan, guru akan diminta untuk berbagi kepada sesama peserta keberhasilan serta yang tantangan yang mereka temui dan berbagi kiat yang bermanfaat dalam proses eksplorasi serta pembuatan yang mereka jalani.

Penulis: agusampurno

Mitra menuju sekolah efektif dan guru profesional

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: