3 keterampilan penting bagi guru kekinian

Bagi seorang guru sangat penting kiranya untuk mempunyai keterampilan mengelola perasaan dan punya pola pikir yang tepat dan membuat dirinya sukses sebagai pendidik. Seorang pendidik adalah sosok yang kesehariannya sibuk mengelola interaksi dirinya dengan manusia disekitarnya. Mereka adalah murid muridnya, sesama guru, atasan dan orang tua siswa. Jika pendidik mampu menguasai keterampilan diatas akan membuat dirinya tahan banting dan senang mencoba hal yang baru.

Berikut ini adalah keterampilan dan pola pikir apa saja yang perlu dikuasai

  1. Pola pikir berorientasi pada solusi. Saat hadapi masalah hindari emosi. Fokuslah pada solusi. Jika sebagai pendidik anda fokus pada solusi anda akan terlupa untuk menyalahkan sistem pendidikan, kurikulum, input siswa, orang tua siswa bahkan diri anda sendiri.
  2. Tahan uji dalam menahan emosi. Keterampilan ini hanya akan diuji ketika anda gagal atau pada saat anda dicemooh atau saat menghadapi cercaan dari senior sesmaa pendidik atau bahkan sikap murid yang tidak pada tempatnya. Jika emosi anda tetap stabil dalam situasi yang tidak enak dan tidak menyenangkan maka anda akan sukses.
  3. Ketahui kinerja dan cara kerja otak. Kemampuan untuk menguasai kinerja otak akan berujung pada kehati hatian anda dalam memilih kata kata yang anda gunakan pada murid anda di kelas. Ingat Words can influence the brain.

Ketiga hal diatas hanya bisa dilakukan dan diterapkan saat anda sadar bahwa saat menjadi pendidik adalah saat untuk sibuk belajar kembali. Menjadi pendidik adalah cara untuk merasa bahagia, jika sebaai guru anda belum bahagia maka saatnya berefleksi apakah ada hal yang belum tepat selama ini dalam bersikap, belajar dan berefleksi .

Penulis: agusampurno

Mitra menuju sekolah efektif dan guru profesional

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s