Resep agar guru semangat ikut pelatihan online

Dalam situasi pandemi ini banyak sekali kesempatan untuk guru sebagai pendidik untuk bisa belajar kembali. Aneka webinar bersliweran menanti untuk diikuti oleh pendidik. Sekolah pun tidak mau kalah dengan menghadirkan pelatihan bagi guru gurunya. Semua dengan keberkahan dari situasi saat sekarang ini sebuah pelatihan menjadi lazim dilakukan secara online. Dengan demikian meminimalisir biaya pelatihan tatap muka.

Tulisan ini akan membahas bagaimana agar seorang pendidik mampu dan bisa memaksimalkan pelatihan online bagi dirinya.

Jika anda adalah guru

• Jika diadakan oleh pihak luar sekolah cek dahulu judul webinar dan siapa pembicaranya dan Lembaga yang mengadakannya.
• Hindari asal ikut saja dan sedapat mungkin mempersiapkan diri jika ingin sebuah event pelatihan agar maksimal dalam pelaksanaan.
• Usahakan memberikan tanggapan dan bertanya. Dengan mengusahakan bertanya maka sepanjang sesi anda akan konsentrasi.
• Jika pelatihan dilakukan dan diselenggarakan oleh sekolah tempat anda mengajar. Usahakan anda memberikan usul terhadap pemilihan topik.
• Kerjakan tugas pelatihan dengan baik dan upayakan terus untuk membayangkan scenario jika hasil pelatihan ingin diterapkan di kelas anda mengajar. Sehingga anda konsentrasi dalam mengerjakan dan kritis bertanya.
• Jika ada hal yang asing dan belum tahu atau belum menguasai segera cari tutorial nya di youtube. Dijamin anda akan cepat bisa dan tidak ketinggalan materi.

Jika anda adalah kepala sekolah

• Monitor terus webinar yang menarik yang beredar di media sosial anda. Jika temanya menarik dan aplikatif pastikan keikutsertaan guru anda dengan menunjuk siapa guru yang akan ikut.
• Hindari memilih tema yang berbau wacana atau trend. Tema tersebut kurang tepat diikuti guru. Guru memerlukan topik yang aplikatif dan mudah serta membantu pembelajaran di kelas yang mereka ajar sekarang ini.
• Jika ingin mengundang pembicara, pastikan memilih pembicara yang menguasai perubahan paradigma, tahu cara melakukan coaching dan mentoring kepada guru dan berorientasi pada produk yang guru akan hasilkan di kelas yang ia fasilitasi. Hindari mencari pembicara yang hanya ahli berwacana namun tidak membekali guru dengan tips dan trik.

Jika anda adalah seorang fasilitator pelatihan

• Saat ini guru perlu tips dan trik yang praktis jadi simpan semua wacana tentang Pendidikan untuk dikeluarkan sedikit demi sedikit saja saat anda sedang memberikan pelatihan
• Guru perlu cara yang aplikatif dalam melewati situasi yang tidak mengenakkan dalam pembelajaran jarak jauh, semakin anda punya banyak resep jitu anda akan makin diminati.
• Bagi komposisi pelatihan anda menjadi 10 – 80 – 10 artinya 10 persen wacana atau teori, 80 persen praktek dan 10 persen kuis serta test formatif. Dijamin guru akan bersemangat.
• 3 jam adalah waktu paling lama guru bisa konsen dalam sebuah pelatihan.

Semua resep diatas hanya akan berhasil jika guru bersedia mengosongkan gelasnya terlebih dahulu alias memposisikan dirinya sebagai pembelajar. Mari kita maknai situasi pembelajaran jarak jauh ini dengan guru selalu meningkatkan diri dan belajar yang terbaik dari mana saja dengan cara apa saja.

Penulis: agusampurno

Mitra menuju sekolah efektif dan guru profesional

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s