5 level kemampuan mendengar seorang guru

Menjadi pendengar yang baik sangat berguna bagi seorang guru. Kemampuan mendengar termasuk kemampuan komunikasi yang penting yang mesti guru kuasai. Murid ada banyak jenisnya. Tanyakan pada guru TK sampai SMA maka akan ada banyak cerita yang bisa mereka sampaikan mengenai tipe tipe siswa dan betapa ajaibnya tingkah polah mereka.

Modal utama seorang guru perihal proses mendengar ini bukanlah gelar pendidikan yang ia punya. Banyak guru yang mengatakan saya bukan guru BK, jadi saya tidak bisa mengelola siswa saat ia ada keluhan. Padahal cukup jadi sosok yang mampu mendengar secara aktif saja. Maka separuh persoalan sudah selesai.

Apa saja level atau cara mendengar aktif bagi seorang guru

Level 1 (level terendah)
Mendengar untuk menginterupsi, ini sebenarnya haram bagi seorang guru tanda ia bukan seorang pendidik.

Level 2
Mendengar untuk memotong.
Guru tipe seperti ini hanya mencari saat dimana ia bisa memotong dan memutar balikkan isi pembicaraan lawan bicara.

Level 3
Mendengar untuk kemudian memberikan secepatnya memberikan nasihat. Biasanya kata katanya dimulai dengan kata “makanyaa, bu guru juga bilang apaaa…

Level 4
Mendengar dengan penuh perhatian. Ini sudah bagus sebenarnya. Hanya saja siapa yang bisa menjamin pikiran si pendengar tidak kemana mana. Sampai terkadang lawan bicara akan berpikir apakah ia didengarkan atau tidak.

Level 5 (level paling tinggi)
Mendengar secara aktif. Dalam pengertiannya, active listening adalah proses mendengarkan secara saksama, merefleksi ulang apa yang dikatakan, serta menahan penilaian dan nasihat kepada lawan bicara. Ketika Anda mempraktikkan active listening, lawan bicara Anda akan merasa didengar dan dihargai. Selain itu, active listening juga dinilai akan membawa dampak positif pada kehidupan Anda sebagai pengajar dan pendidik.

Jadi pilih yang mana atau anda sudah ada di level mana? tidak ada kata terlambat anda bisa berpindah level kapan saja sebagai pendidik. Tentunya semuanya mengarah ke level tertinggi ya. Selamat mencoba.

Penulis: agusampurno

Mitra menuju sekolah efektif dan guru profesional

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s