Tips menemani guru milenial agar menjadi guru profesional

Guru milenial penampakannya ada di semua sekolah saat ini. Mereka tercirikan dari kemampuannya di bidang IT atau TIK yang berlebih. Guru milenial lahir menjelang atau di tahun 2000 lewat sedikit. Kepribadian mereka unik dan berbeda. Kepada mereka jangan lagi bicara soal senior dan junior. Buat mereka rekan kerja yang layak dihormati adalah rekan kerja yang sama yang konsisten antara yang diucapkan dan yang dilakukan.

Kepada murid tipe guru milenial cenderung disukai dikarenakan mereka berbicara dengan ‘cara’ dan ‘pola pikir’ yang sama. Apalagi jika mengajar di SMP atau SMA. Guru milenial selalu ada dalam kemeriahan sekolah dan sekaligus senang dilibatkan dalam semua kegiatan sekolah.

Jika di sekolah ada satu saja guru milenial maka sekolah anda sebenarnya punya harta karun yang berharga. Namun tidak semua sekolah mampu menjaga harta karun atau bahkan menjadikan aset nya itu sebagai aset yang produktif. Lebih sering guru milenial diminta mengerjakan ini dan itu tanpa didampingi agar menjadi guru yang profesional kedepannya. Mungkin mereka akan sangat senang mengerjakan apalagi jika yang diminta adalah hal yang menjadi passion mereka. Namun perjalanan para guru milenial untuk menjadi guru profesional lah yang harus nya menjadi prioritas sebuah sekolah sebagai lembaga pendidikan.

Cara terbaik mendampingi dan ‘menemani’ mereka agar sukses menjadi guru yang profesional adalah

1. meminta mereka mengisi angket lewat aplikasi seperti Mentimeter atau google forms. Dari situ akan didapatkan informasi apa saja yang menjadi keingintahuan mereka dan topik apa yang mereka perlukan. Tanpa bertanya dahulu maka partisipasi mereka akan sulit didapatkan.

2. Setelah informasi didapatkan maka sekolah bisa membuat sesi khusus untuk melakukan pendampingan agar mereka tidak saja ‘gercep’ dalam membantu sekolah jika diperlukan namun juga makin berisi saat mengajar. Topiknya bisa mengenai – Diskusi aplikasi yang Bermanfaat saat mengajar. – Jenis Penilaian Formatif- Tips Manajemen Kelas- Ide Komunikasi Orang TuaSaat pendemi ini sekolah juga bisa menggunakan media online dalam membina guru guru melianialnya. Caranya adalah dengan jadwal yang rutin dan ada materi dan tema diskusi yang sudah ditentukan sebelumnya.

3. Sesi khususnya lainnya bisa berupa diskusi santai mengenai buku pendidikan sambil sambil ngopi dan makan cemilan. Guru milenial juga bisa diminta untuk memberikan rekomendasi buku yang menarik untuk dibahas. Minta mereka membaca buku nya terlebih dahulu, dibagi bab per bab lalu minta setiap orang memaparkan. Buatlah sesi seperti ini menyenangkan sekaligus membuka wawasan

4. Jika anda adalah kepala sekolah atau waka kurikulum, berikan pemahaman sebagai berikut saat sedang melakukan supervisi kepada mereka. Sebagai guru senior yang menjadi panutan anda juga bisa menyampaikan hal dibawah ini saat sedang dalam obrolan santai dengan mereka.

– Saat sedang mengajar dan mengelola siswa tidak harus berakhir sukses atau tidak sukses. Anggap semua sebagai proses. Hal yang terbaik adalah memaknai bahwa sukses saat mengajar itu mudah dan yang diperlukan adalah kesadaran bahwa usaha yang terbaik lah yang menentukan.

sebagai guru tidak mesti selalu jadi orang yang menyenangkan atau selalu berusaha menjadi ‘teman’. Dalam banyak kasus para guru milenial ini sering menempatkan diri sebagai teman siswa. Dikarenakan sebagai ‘teman’ seorang guru juga bisa jadi teman yang menyebalkan. Hal yang paling penting adalah tetap saja mengambil peran sebagai guru lebih spesifiknya lagi menjadi guru yang bahagia. Guru yang bahagia akan membuat siswanya terinspirasi dan bersedia bekerja sama. Caranya mulai dengan mengingat dan memanggil nama siswa saat memuji tindakan yang mereka lakukan saat pembelajaran.

Harus mau jadi guru yang ‘tega’. Maksudnya adalah tidak sedikit sedikit membantu siswanya saat mereka kesulitan. Lebih baik arahkan dan berikan pancingan berupa pertanyaan yang berujung pada solusi yang datang dari diri siswa.

Saat sedang menghadapi masalah terapkan prinsip SFSR (Super Focused dan Super Relaxed) dua hal inilah yang membuat seorang guru tangguh menghadapi semua masalah yang terjadi saat ia mengajar. Fokus pada solusi dan relaks dalam mengambil posisi dan menyelesaikan masalah dan terhindar dari guru yang emosional dan defensif.

Menjadi guru yang jelas saat berkomunikasi perihal tugas kepada siswanya. Biasakan untuk berikan detail informasi lewat lisan dan tulisan. Lengkapi juga informasi kepada siswa apa yang boleh dan tidak boleh, mengapa tugas ini penting, deadline, mana saja yang kemungkinan sulit dikerjakan dan bagaimana minta bantuan guru jika kesulitan.

Cara diatas efektif dalam membuat guru milenial makin baik cara mengajarnya. Jika sekolah lalai membina mereka, maka guru milenial hanya akan melihat praktek praktek guru seniornya dalam mengajar yang itu pun belum tentu semua baik dan benar. Sekolah di era Google suites dan Office 365 ini layak mempunyai laman yang berisi materi materi yang baik untuk dipelajari guru milenial. Simpan secara online dan minta mereka semua mempelajarinya.

Sekolah dengan pembinaan yang efektif terhadap guru milenial lah yang akan terus dipercaya oleh masyarakat. Sekolah akan sangat beruntung mempunyai guru milenial yang efektif dalam mengajar dan bersikap juga kemampuan dan kemauan belajar dengan cepat segala hal yang positif yang diarahkan oleh sekolah tempat ia mengajar.

Silakan Tag kepala sekolah, waka kurikulum atau guru guru yang menurut anda dekat dengan para guru milenial di sekolah anda. Mari sama sama menjadikan guru milenial sama profesionalnya dengan anda sekarang.

If you see someone falling behind, walk beside them. If you see someone being ignored, find a way to include them. If someone has been knocked down, lift them up. Always remind people of their worth. One small act could mean the world to them.

Jika Anda melihat seseorang tertinggal, berjalanlah di samping mereka. Jika Anda melihat seseorang diabaikan, temukan cara untuk menyertakannya. Jika anda lihat seseorang jatuh segera angkat mereka. Selalu ingatkan rekan anda tentang potensi yang mereka miliki. Satu tindakan kecil bisa sangat berarti bagi mereka

Penulis: agusampurno

Mitra menuju sekolah efektif dan guru profesional

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: