5 Salah paham mengenai prinsip delegasi tugas dari Kepala Sekolah kepada bawahannya

Membina staf di sekolah erat kaitannya dengan membina potensi. Jika seorang pemimpin melewatkan potensi stafnya dan kemudian hanya sibuk menyuruh ini dan itu maka ia melewatkan pembinaan potensi dan kompetensi staf nya. Ada istilah keren lainnya yaitu ‘mendelegasikan’. Sayangnya masih banyak yang salah kaprah dengan istilah ini.

Apa saja kesalahpahaman yang kerap terjadi?

  1. Mendelegasikan bukan melepas tanggung jawab. Mendelegasikan berarti melepas tanggung jawab untuk dikerjakan orang lain agar pemimpin bisa lebih berkonsentrasi pada hal yang strategis dan orang yang menerima tanggung jawab akan meningkat kapasitasnya.
  2. Mendelegasikan bukan sekedar menyuruh, disana ada kesepakatan dan target serta verifikasi apa yang membuat penugasan itu menjadi berhasil atau tercapai.
  3. Mendelegasikan tugas bukan sekedar menurunkan pekerjaan ke bawah. Mendelegasikan tugas perlu perencanaan, waktu serta verifikasi.
  4. Tidak ada pola yang sama dalam delegasi. Lain orang lain cerita dan perlu banyak penyesuaian tergantung pada situasi pekerjaan.
  5. Pendelegasian bukan berarti seorang pemimpin punya kelemahan. Seberapapun hebatnya seorang kepala sekolah ia tidak akan mampu mengerjakan semuanya.

Dalam situasi tertentu diperlukan keluwesan seorang pemimpin untuk kapan ia mengarahkan, membina, mendukung dalam jangka waktu tertentu dan baru kemudian mendelegasikan.

Proses pendelegasian bisa langsung dilakukan jika ketiga hal sebelumnya sudah dipastikan dilakukan atau bisa langsung melewatinya jika dianggap bawahan sudah cocok dan siap untuk dibiarkan sendiri mengerjakan tugas yang diberikan. Kaitanya dengan hal ini adalah kompetensi, inisiatif dan kemampuan menindak lanjuti perintah sampai selesai.

Penulis: agusampurno

Mitra menuju sekolah efektif dan guru profesional

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s