Biang inovasi di sekolah

Kata biang berarti induk. Biang inovasi berarti seseorang yang dipandang menjadi inspirasi dari inovasi. Di masa pandemi ini mereka ada di sekitar kita.

Siapa mereka? Ada ciri yang paling tampak yaitu dirinya senang dan sabar melayani pertanyaan orang lain. Mohon bedakan antara menjawab pertanyaan dan membantu. Di banyak sekolah guru berstatus honorer dikaryakan sedemikian rupa oleh guru lainnya. Apakah mereka biang inovasi? Bisa iya bisa tidak.

Di masa pandemi semua bertemu dengan kenyataan. Guru yang tadinya anggap dunia TIK dunianya anak muda akan dipaksa untuk gunakan TIK secara mandiri.

Guru yang menjadi biang inovasi tahu betul kapan harus menjawab pertanyaan dan kapan harus menuntun langkah demi langkah.

Dengan sabar dan tanpa pamrih mereka menuntun guru yang memerlukan untuk kemudian memandirikan nya.

Anda bisa dan sangat boleh menjadi biang inovasi di sekolah anda. Caranya tentu bukan dengan menawar nawarkan diri agar orang lain mau dibantu. Cara terbaik adalah dengan terus belajar terus mencari dan menikmati setiap kegagalan untuk kemudian bangkit lagi.

Biang inovasi tidak perlu seorang yang menjadi kepala sekolah atau guru berprestasi yang levelnya sudah sampai istana.

Pada banyak situasi saya malah melihat guru guru yang hebat malah memeluk ilmu dan pengetahuan yang ia miliki bagai memeluk anaknya sendiri. Tidak ingin berbagi pada orang lain.

Pada banyak situasi guru yang menjadi biang inovasi malah lahir dari guru biasa yang santuy. Ia sibuk dengan diri dan kelasnya saja. Ia berbuat yang terbaik demi siswanya.

Ia hanya menjawab pertanyaan orang lain jika ditanya. Namun saat menjawab pertanyaan ia sabar dan tidak begitu saja membantu dan cepat bisa mengenali saat yang minta bantuan terasa ingin memanfaatkan. Itu karena tujuan ia membantu adalah membuat yang dibantu mampu melakukan sesuatu nantinya sendiri.

Seorang biang inovasi bisa seseorang yang mahir membuat presentasi sampai yang ahli membuat kelas online.

Jika anda adalah kepala sekolah cepat temu kenali biang inovasi di sekolah anda. Berikan ia ruang ekspresi seluas luasnya. Jika ingin belanja sesuatu untuk sekolah berinovasi tanyakan dia.

Sekolah yang baik adalah sekolah yang punya banyak koleksi biang inovasinya. Ia tumbuh karena kepala sekolah membudayakan budaya belajar kepada siapa saja. Sekaligus menjadikan sekolah sebagai lingkungan yang ramah intelektual bagi para inovator yang saya sebut sebagai biang inovasi ini.

Jika ini terjadi maka akan tumbuh guru senior yang tidak pasrah lagi karena dirinya mau pensiun. Akan tumbuh guru muda yang hebat apapun statusnya. Siapa yang akhirnya akan memetik manfaat? Tentunya siswa dan orang tuanya yang sudah percaya pada sekolah.

Penulis: agusampurno

Mitra menuju sekolah efektif dan guru profesional

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: