Antara sekolah dan rumah

Situasi di rumah siswa akan berpengaruh terhadap keberhasilan belajar siswa di sekolah. Saatnya guru dan kepala sekolah meningkatkan kualitas pembinaan terhadap orang tua siswa.

Pertanyaannya apakah orang tua sebagai orang dewasa perlu dibina juga? jawabannya harus dan dengan cara yang bervariasi. Buatlah banyak kegiatan yang melibatkan sisi peran dan tanggung jawab orang tua siswa. Buatlah kegiatan yang kental akan peran orang tua. Di masa pandemi sekolah bisa melakukan seminar online bagi orang tua siswa.

Mengadakan acara orang tua perlu mempertimbangkan beberapa hal. Waktu adalah hal yang perlu dipertimbangkan. Perlu dilakukan survey dahulu di waktu mana paling nyaman bagi orang tua siswa untuk terlibat. Hal lain adalah topik yang diangkat. Peran orang tua yang suportif di era krisis ini sangatlah penting untuk dikedepankan. Guru atau kepala sekolah bisa berperan sebagai moderator yang menjembatani situasi. Sesi untuk orang tua siswa bisa dimulai dengan pelatihan teknologi untuk mereka. Misalnya cara menggunakan sarana meeting online dan lain sebagainya.

Dalam era pembelajaran jarak jauh sekolah biasanya sibuk mengejar target kurikulum. Padahal sekolah perlu menyadari juga bahwa peran orang tua sangat penting. Orang tua perlu tahu bahwa dirinya pun diperhatikan oleh pihak sekolah. Semua saluran komunikasi yang mungkin selayaknya dibuka untuk orang tua oleh pihak sekolah.

Diharapkan peran orang tua akan sangat membantu sekolah. Dikarenakan orang tua siswa adalah mitra dalam membelajarkan anak anaknya di rumah. Orang tua siswa juga kepanjangan tangan guru di rumah.

Penulis: agusampurno

Mitra menuju sekolah efektif dan guru profesional

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: