7 cara kepala sekolah yang efektif dalam mendelegasikan tugas

Di sekolah wajar sekali ada yang namanya struktur organisasi. Pimpinan paling atas diharapkan bahu membahu dengan semua yang ada dibawahnya untuk memajukan sekolah. Demi tujuan tersebut ada beberapa istilah yang berhubungan. Antara lain delegasi, intruksi atau perintah. Mendelegasikan tugas bukan sekedar meminta bantuan atau menyuruh orang lain. Pimpinan diharapkan membuat bawahannya berdaya dan punya kapasitas melalui penugasan kepada anak buahnya. Sebuah penugasan yang baik akan membuat anak buahnya menjadi makin mahir dan semakin profesional.

Mengapa sampai ada istilah pimpinan yang ‘one man show’ alias seorang pemimpin yang mengerjakan semua nya sendirian atau tidak pernah mendelegasikan tuganya pada orang lain yang menjadi bawahannya. Hal tersebut dikarenakan:

  1. Ia tidak percaya pada staf nya
  2. Ia tidak ingin dipandang terlalu mengontrol
  3. Ia tidak tahu ingin mendelegasikan apa
  4. Ia tidak tahu caranya

Jika seorang pemimpin di sekolah ingin jabatannya sukses dalam menghantarkan sekolah menjadi sekolah yang efektif berikut ini adalah caranya

  1. Putuskan dahulu apa yang ingin didelegasikan. Mulai dari hal yang menurut anda kecil dan mudah untuk dilakukan oleh orang lain yang menjadi bawahan anda. Hal ini akan membuat anda tidak terkena stress saat situasi tidak sesuai yang anda harapkan
  2. Analisa orang orang disekitar anda. minta mereka lakukan tugasnya setelah anda ketahui siapa yang percaya diri dan bisa melakukan tugasnya dengan supervisi yang minimum.
  3. Sertakan dengan petunjuk jelas apa yang anda ingin bawahan anda lakukan. Termasuk timeline (rentang waktu pengerjaan). Semakin anda jelas dan jernih, semakin tugas yang anda suruh akan lekas selesai.
  4. Buka jalan dan pastikan ia tidak terbentur aturan atau izin dari seseorang dalam struktur organisasi di sekolah atau di dinas pendidikan setempat. Semakin ia merasa bahwa dirinya diberikan perlindungan dalam menjalankan tugas anda maka semakin ia bangkit kepercayaan dirinya dalam bekerja dan berkreasi.
  5. Bantu saat ia memerlukan. Mungkin ia tidak akan meminta namun jika anda sering melakukan kontrol anda akan sadar dititik mana ia akan memerlukan bantuan. Tawarkan juga ia untuk ikuti training yang diperlukan
  6. Monitor terus kemajuan yang dicapai. Staf anda yang sudah berpengalaman akan memerlukan sedikit kontrol dan sebaliknya jika staf anda masih hijau maka ia perlu terus didampingi.
  7. Senang ucapkan terima kasih dan memberikan reward jika diperlukan

Seorang pemimpin yang efektif dalam mendelegasikan tugas kepada bawahan nya akan membuat anak buahnya berdaya. Bawahannya pun akan punya kemampuan lebih dalam melaksanakan tugas serta akan makin profesional. Memang bagi seorang pemimpin di sekolah hal ini akan sulit di awal namun akan berbuah manis jika konsisten dan komitmen dalam melaksanakannya.

Penulis: agusampurno

Mitra menuju sekolah efektif dan guru profesional

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: