RPP 3 komponen, saatnya guru percaya diri

Image result for RPP 3 komponen nadiem

Sebagai guru anda pasti pernah merasa bahwa RPP yang dahulu sangat memberatkan. Bayangkan ada 13 komponen yang harus dituntaskan. Guru merasa RPP bukannya mendukung pembelajaran malah menyulitkan. Belum lagi sikap atasan yang cenderung menghakimi saat memeriksa RPP dengan demikian banyak guru yang merasa berat dalam membuat RPP.

Saat ini ada kebijakan baru, RPP dipangkas hanya 3 komponen saja, yaitu Tujuan, Langkah pembelajaran dan penilaian. Terlihat mudah bukan, padahal sejatinya tidak sesederhana itu karena diperlukan kepercayaan diri untuk memeras dari 13 komponen menjadi 3 komponen. Untuk itu guru perlu yakin dan berpikir bahwa di RPP ada skenario ia sebagai fasilitator pembelajar dan pendidik. Dengan 3 komponen saja, bisa jadi akan lebih dari 1 halaman dan hal yang terpenting adalah aspek penggunaan yang maksimal dari RPP apakah sebagai pendidik kita mencatat perkembangan di lapangan saat RPP itu digunakan atau tidak. Dikarenakan dari situ biasanya ide akan muncul jika anda ingin menngajar hal yang sama di masa mendatang.

Mari sebagai pendidik kita sambut perubahan ini dan menghindari untuk senang menggunakan RPP orang lain, silakan saja menggunakannya sebagai referensi, namun tetap guru membuat RPP versinya sendiri. Jika selama ini RPP sudah tampil sebagai hantu yang memberatkan saatnya RPP dijadikan kawan dimana disitu dituliskan indahnya proses yang kita jalani, karena kitalah yang mengetahui seluk beluk kelas kita sendiri. Jadi selamat menjadi guru yang percaya diri dengan RPP 3 komponen.

Penulis: agusampurno

Mitra menuju sekolah efektif dan guru profesional

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s