Manajemen rapat yang efektif

Menjadi pemimpin di sekolah persoalan waktu sangat menjadi kebutuhan. Waktu seminggu sangat kurang dikarenakan banyak sekali pertemuan yang mesti dihadiri. Sebenarnya banyak cara untuk membuat waktu menjadi cukup dan semua tujuan penataan bisa tercapai.

Sebuah rapat yang dihadiri kepala sekolah hampir pasti berisi update kabar terbaru di lingkungan sekolahnya, pemaparan masalah sampai rencana tindak lanjut yang akan dilakukan pasca pemaparan masalah.

Beberapa hal yang bisa kepala sekolah dan pemimpin sekolah lakukan adalah

  1. membuat dan menggunakan situs di google sites atau blog. Berisi bahan rapat dan bahan rapat yang mesti dipelajari oleh peserta meeting dan berisi notulensi rapat. Semua peserta meeting bisa menuliskan kabar serta update perihal isu yang dihadapi sebelum rapat dilaksanakan. Jika ada notulen tinggal menuliskan dan mengetik di situs tersebut. Sebelum rapat dilaksanakan semua peserta bisa membaca dahulu hasil rapat sebelumnya sampai menambahkan bahan yang diperlukan sebagai bahan diskusi.
  2. Membuat Google slides. Jika ada presentasi yang dihasilkan maka bisa disunting bersama sebelum meeting dilakukan.
  3. Menggunakan Google docs jika ada dokumen yang mesti diedit bersama dengan tim yang ikut serta dalam meeting.

Hal diatas sangat membantu mengoptimalkan rapat yang biasanya hanya terjadi paling lama 3 jam. Sebuah rapat adalah tempat bertemunya ide ide untuk disepakati dan bukan membiarkan satu peserta (walaupun ia adalah pemimpin/kepala sekolah) berbicara ‘ngalor ngidul’ tak tentu arah. Wakt semua orang sangat berharga dan saatnya memaksimalkan aplikasi yang memungkinkan semua orang berkolaborasi.

Penulis: agusampurno

Mitra menuju sekolah efektif dan guru profesional

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s