Menghidupkan Visi dan Misi sekolah

Keberhasilan sekolah dalam mencapai target atau tujuannya sangat dipengaruhi oleh komitmen sekolah dalam melaksanakan apa-apa yang sudah dirumuskan sebagai visi dan misinya. Perlu diketahui bahwa tujuan sekolah sebagai lembaga pendidikan adalah membantu siswa untuk berkembang secara optimal dari segi fisik, moral, sosial, spiritual, pengetahuan, dan keterampilan .

Visi dan misi sekolah hendaknya mengandung nilai-nilai yang diperlukan seluruh warga sekolah dalam menjalankan aktifitasnya  sehari-hari sehingga akan tercipta lingkungan sekolah yang profesional, aman, nyaman dan kekeluargaan.

Bagaimana visi dan misi sekolah yang baik itu, Sebagai ilustrasi:

Sekelompok guru mempunyai agenda untuk membawa siswa studi wisata maka ditunjuklah seorang menjadi kordinator. Secara bersama  dirembukkanlah tujuan yang hendak dicapai, Visi dan  bagaimana upaya untuk mencapainya Misi. Jika dilakukan secara bersama-sama maka semua yang terlibat akan merasa jelas dengan tujuan yang akan dicapai dan bertanggung jawab untuk melaksanakan tugasnya guna mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

Jadi  visi dan misi sekolah  bukan  hanya sekedar  sederet pernyataan tertulis namun merupakan pernyataan yang menjadi  tujuan yang akan dicapai dan untuk mencapainya  diperlukan upaya konkrit yang akan dilaksanakan  untuk mencapai tujuan yang diharapkan. Lebih penting lagi bahwa visi dan misi perlu difahami dan dilaksanakan oleh warga sekolah dalam setiap aktifitas yang dilakukan.  seperti pada saat guru melaksanakan aktifitas belajar mengajar, interaksi antar warga sekolah dan pada kegiatan-kegiatan lainnya.Untuk menilai  seberapa efektifkah visi dan misi sekolah kita maka jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut:

1.Apa indikator untuk mengetahui bahwa visi dan misi difahami dan dilaksanakan oleh warga sekolah?

2.Apakah visi dan misi  memenuhi syarat SMART (Simple, Measurable, Achievable, realistic, tangible) ?

3.Bagaimana kita tahu jika visi dan misi difahami oleh warga sekolah?

2.Bagaimana proses perumusannya?

4.Upaya apa yang dilakukan agar visi dan misi difahami dan dilaksanakan oleh warga sekolah?

Yang terpenting adalah Untuk dapat menghidupkan visi  dan misi, sekolah perlu menciptakan budaya komunikasi yang efektif. Ketahuilah bahwa visi dan misi yang efektif dapat dilihat dan dirasakan sejak pertama seseorang memasuki lingkungan sekolah. Mulailah meninjau kembali visi dan misi sekolah kita agar tujuan yang hendak dicapai dapat terwujud..

Iklan

Penulis: agusampurno

Mitra menuju sekolah efektif dan guru profesional

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: