Ciri guru merdeka belajar

Guru yang punya kepribadian #merdekabelajar punya ciri sebagai berikut:

1. Tegas tapi ramah
2. senang berkumpul dan berbicara dgn siswanya
3. jauh dari kata ‘sakit hati’ (dont take everything personally)
4. tahu cara menempatkan diri di depan siswa yang berbeda beda sifatnya
5. apa adanya, senang menunjukkan dirinya juga bisa salah, bisa gagal dan masih belajar
6. jika siswanya/sesama rekan kerjanya punya masalah, dengan cepat ia bisa berperan sebagai mitra, mentor dan coach saat diperlukan
7. pendengar yang aktif (dengan hati)
8. adil dalam menentukan target pencapaian siswa
9. tahu minat siswa dan bagaimana memfasilitasinya
10. Memahami bahwa “adil” tidak selalu berarti hal yang sama untuk setiap siswa
11. Menetapkan harapan yang jelas terhadap pencapaian akademis dan perilaku siswa
12. memuji siswanya di depan umum, mengkritik siswanya secara pribadi (face to face)
13. konsisten
14. punya sisi humoris
15.melakukan kontak mata saat bicara.
16. Saat mengajar tidak duduk di belakang meja sepanjang jam pelajaran
17. berkomunikasi (diawal sebelum masalah menjadi runyam) pada orang tua siswa dalam mengabarkan aspek positif dan negatif
18. tidak pernah mengancam siswa
19. senang memberikan pilihan pada siswanya
20. menginspirasi siswa agar menjadi versi yang terbaik bagi dirinya
21. tenang (apapun yang terjadi tetap tenang)
22.Maslow before bloom
23. meminta siswa berkolaborasi
24. pandai membuat prosedur di kelasnya, agar siswa tahu mesti apa dan berbuat apa dlm setiap urutan kegiatan di kelas. Dimana meletakkan tas, meletakkan buku PR dan lain sebagainya.
25. dalam setiap urutan kegiatan di kelas, transisinya smooth (tidak mendadak)
26. mengajar dengan antusias dan memberikan materi yang punya faedah bagi masa depan siswa.
27. mengaku salah jika berbuat kesalahan
28. jika memberikan PR, menghindari memberikan PR yang tidak bermakna (unfaedah)
29. saling menghormati
30. memanggil siswa dengan namanya
31. menegur siswa dengan bertanya
32. sensitif pada perasaan siswa
33.senang merencanakan dan siap berkreativitas jika ada seseuatu yang berjalan tdk sesuai dengan perencanaan.
34. tidak melakukan hal yang kita tdk sukai dari siswa saat rapat guru (ngobrol dgn teman, main hp dll)
35. menggunakan kata kata positif
36. mengerti mana masalah yang mesti dibesarkan atau hanya dianggap sebagai angin lalu
37. tidak memposisikan diri sebagai ‘teman’ siswa
38. bersikap sama rata pada setiap siswa
39. membuat penilaian yang autentik
40. Fokus pada kelebihan/potensi/sisi baik dan positif dari siswa.

Silakan jika anda ingin menambahkan

disarikan dari twit @ Brianmendler

Penulis: agusampurno

Mitra menuju sekolah efektif dan guru profesional

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s