Pentingnya relasi guru dengan siswa sebagai penentu kesuksesan mengajar

Guru di lapangan masih sering kesulitan mendahulukan antara menjadi ‘dekat’ dengan siswa atau berusaha keras membelajarkan siswa (mengajarkan matpel yang menjadi tanggung jawab).

Dekat dengan siswa disini bisa berarti:

1. Peduli
2. Antusias
3. Mengerti
4. Menghormati
5. Percaya
6. Memotivasi
7. Bersedia berusaha ekstra

Faktor diatas perlu dilihat dalam cara pandang sebagai guru abad 21. Karena jika dilihat dalam kacamata pendidik jaman ‘old’ pastinya banyak faktor diatas adalah justru tugas nya siswa kepada gurunya.

Guru mestinya mengusahakan dan mengutamakan kedekatan dan keterlibatan siswa sebagai hal yang utama sementara pencapaian serta hasil prestasi siswa adalah hal kedua. Sebuah hal yang tidak mudah bukan?

Penelitian menunjukkan bahwa hubungan guru-murid dan antusiasme guru serta rasa kepedulian memiliki dampak yang lebih besar pada siswa daripada cara atau teknik guru mengajar.

Mengetahui SIAPA yang kita ajar adalah satu-satunya cara agar sebuah kelas terlibat dalam pembelajaran. Jika Anda mengajari hal yang sama, dengan cara yang sama, setiap tahun kepada siswa maka hal itu akan merugikan siswa. Bayangkan guru hanya sibuk mentransfer ilmu pengetahuan tanpa tahu siapa yang ia ajar.

Cara terbaik guru dalam membuat perubahan pada diri siswanya adalah dengan mengibaratkan dirinya sebagai anggota team yang isinya adalah sesama guru, wali/orang tua siswa sebagai team yang akan mensukseskan kinerja belajar seorang siswa. Dengan cara ini guru akan merasa dirinya tidak sendiri.

Salah satu kritik paling umum mengenai siswa saat ini adalah bahwa mereka kurang mempunyai rasa empati. Nah, tempat apa yang lebih baik bagi mereka untuk berlatih memiliki empati? Jawaban nya adalah di kelas dengan guru yang punya rasa empati apalagi ditambah dengan beberapa faktor diatas.

Jangan memaksa mengajarkan matpel yang menjadi tanggung jawab anda jika belum bisa membangun hubungan yang berkualitas dengan siswa. Jika itu terjadi kelas yang anda ajar akan berasa hambar dan kurang greget.

Iklan

Satu tanggapan untuk “Pentingnya relasi guru dengan siswa sebagai penentu kesuksesan mengajar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s