4 cara berpresentasi yang efektif bagi guru dan siswa

Keterampilan berpresentasi termasuk keterampilan Abad 21. Sangat penting bagi siswa punya kemampuan ini. Saat yang sama siswa juga senang berpresentasi seperti yang gurunya lakukan yaitu menggunakan slide. Sayangnya siswa sering melihat contoh jelek dari gurunya dengan slide milik gurunya yang hanya berisi gambar/tulisan dari buku teks kemudian dijadikan slide.

Untuk itu guru mesti mulai melatih siswa dan dirinya sendiri:

1. Berpresentasi tanpa slide presentasi power point.
2. Berpresentasi dengan slide power point yang hanya berisi gambar saja.
3. Slide harus secara visual menceritakan kisah. Jika ada kata-kata di layar maka akan bersaing dengan kata-kata pemateri yang diucapkan yang menyebabkan otak audien mengesampingkan ingatan bagi keduanya.
4. Mulai berlatih dengan hanya menggunakan paling banyak 4 kata dalam satu slide.

Guru juga bisa menggunakan teknik presentasi Pecha Kucha untuk digunakan di kelas. Aturan pecha kucha adalah menggunakan gambar untuk meningkatkan presentasi pemateri. Hanya 20 slide dan pada setiap slide memiliki 20 detik informasi sebelum beralih ke slide lain (tidak ada kata).

Guru bisa mulai menanamkan bahwa jika siswa benar-benar mengetahui konten atau isi presentasi yang disajikan, lalu mengapa kita membutuhkan kata- kata? Tanamkan bahwa saat ini audien jika ingin membaca sesuatu, akan meng-google sebuah artikel.

Selamat mencoba.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s