Ingin jadi guru yang didengar oleh siswanya?

Seminar pendidikan apapun kalau temanya tentang bagaimana menjadi tipe guru yang dirindu dan dinanti siswa, pasti menggoda guru untuk ikut. Hal ini dikarenakan guru belum merasa lengkap hidupnya kalau belum punya ‘follower’.

Tulisan singkat ini akan membahas bagaimana membuat siswa bersedia mendengarkan dan menurut apa yang guru katakan

1. Temukan selalu sisi baik dari setiap siswa lalu katakan hal tersebut kepadanya. Siswa senang jika guru sampaikan hal yang unik dan baik mengenai dirinya. Selalu ada sisi baik dari setiap siswa, hanya saja label dari lingkungan atau guru sebelumnya menjadi penghalang untuk guru menjadi sosok yang obyektif
2. Siswa merasa diri anda ‘ada’ sebagai guru saat ia memerlukan. Jadilah pendengar yang aktif, sediakan waktu di sela kesibukan anda. Target kan tiap minggu sempatkan bicara ‘dengan’ siswa anda dan bukan ‘kepada’ siswa anda.
3. Jadilah contoh sebagai sosok pembelajar. Cirinya adalah guru tampil dan selalu berusaha untuk bertingkah laku dan berperilaku baik. Jika dua kebiasaan itu anda lakukan, lama kelamaan akan jadi karakter. Semua siswa akan malas dengar nasihat atau ceramah namun akan langsung patuh pada kata kata dari orang yang berkarakter.

Sebenarnya fokus dari guru bukan mencari siswa yang bisa patuh/menurut/kompak kepadanya. Fokus guru adalah mengajar dan memberi nilai lebih dari setiap interaksi dengan siswanya. Guru pun bisa mengukur dirinya sendiri. Apakah jika ia menjadi murid apakah dengan senang hati mengikuti arahan dan kata kata dengan sosok guru macam ini?

Would you follow you?

Iklan

Satu tanggapan untuk “Ingin jadi guru yang didengar oleh siswanya?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s