5 cara gampang menerapkan pembelajaran abad 21 di kelas anda

IMG_20180706_050958Pembelajaran abad 21 mengandalkan pada peran guru sebagai fasilitator meramu pembelajaran, konteks pembelajaran yang bermakna, kesempatan bagi siswa untuk mengakses materi pembelajaran 24 jam dan 7 hari seminggu serta penilaian formatif dengan menggunakan prinsip gamifikasi (gamification). Berikut ini adalah hal yang bisa guru lakukan dalam membuat kelasnya bercita rasa abad 21

1.Membuat kelas online. Edmodo, google classroom, microsoft Teams, schoology  dan adalah program/aplikasi kelas virtual yang bisa dipilih oleh guru dalam rangka membuat sebuah kelas online yang bisa guru gunakan untuk menyimpan sumber belajar (presentasi, video pembelajaran sampai membuat kuis). Kelas virtual sangat berguna bagi siswa untuk belajar kapan saja dimana saja. Guru juga bisa membuat kelompok kecil agar siswanya bekerja sama dalam kelompok di kelas virtual, secara singkat dengan adanya kelas virtual guru bisa mengefektifkan perannya di kelas dikarenakan semua materi sudah lebih dahulu dibaca dan dipelajari oleh siswa.

2.Membuat grup Whatsapp untuk bisa memberikan link, pemberitahuan singkat dan hal lain yang bisa siswa klik langsung dari smartphone nya. Guru mesti mengajarkan kemampuan siswa untuk berbicara dan berdiskusi dengan sehat di grup seperti Whatsapp ini dengan demikian grup bisa efektif dipakai untuk pembelajaran.

3.Menggunakan Classdojo sebagai aplikasi manajemen kelas Classdojo adalah aplikasi a dalam mempertahankan manajemen kelas untuk kelas rendah (kelas 1-5) . Situs ini tidak hanya memberikan gambaran interaktif dan visual dari perilaku siswa sebagai individu, tetapi dapat menunjukkan kelompok atau kelas total untuk menyatukan siswa dalam mencapai tujuan atau mengakomodasi guru dalam menetapkan insentif. Fitur terbaik adalah aspek interaktifnya, Tidak hanya orang tua yang dapat masuk dan mengikuti perilaku anak mereka kapan saja dari mana saja, tetapi rekan kerja sesama guru dapat ‘ditambahkan’ ke kelas yang sama sehingga pelacakan perilaku siswa lebih mudah dan secara kolaboratif

4.Menggunakan situs dan aplikasi membuat kuis dengan menggunakan prinsip penilaian  formatif

  • Quizlet – Aplikasi ini memberikan guru berbagai peluang untuk menguji pengetahuan siswa, dengan kartu flash, permainan, dan kuis. Guru akan mendapatkan interaksi siswa dan belajar dari menggunakan “flashcards dan game online untuk melakukan  tes kosakata.”
  • Kahoot – “Kahoot adalah aplikasi dimana guru membuat sendiri atau bahkan menggunakan kuis orang lain.”
  • Padlet –  “Dengan Padlet guru dapat memposting pertanyaan atau topik, dan siswa dapat menambahkan jawaban mereka.
  • Mentimeter –  Guru bisa memulai hari dengan polling kelas untuk mengukur suasana hati, pemanasan materi, atau ajukan pertanyaan penting kepada siswa. Gunakan Matriks Prioritas Aksi untuk menentukan keterampilan mana yang diajarkan pertama kali (melibatkan siswa dalam perencanaan pembelajaran) dan lakukan penilaian cepat menggunakan fitur kuis untuk secara anonim memeriksa penguasaan konsep. Guru juga bisa menggunakan word cloud kata untuk melakukan brainstorming sebuah topik, atau solusi untuk masalah dunia nyata. Diskusi kelompok dengan pertanyaan yang berkaitan dengan tema atau penemuan ilmiah dapat dengan mudah dilaksanakan dengan situs ini.
  • Menggunakan google forms untuk kuis singkat sebelum dan sesudah pembelajaran. Google forms sangat mudah digunakan dalam melihat daya tangkap siswa terhadap sebuah materi pembelajaran.

5. Memberikan siswa kesempatan bertanya dengan menggunakan matriks bertanya. Hal yang menarik dari aktivitas ini adalah baik guru dan siswa bisa menerapkan prinsip LOTS dan HOTS dalam pembelajaran dengan penggunaan matriks bertanya ini. Guru bisa menggunakannya sebagai indikator dalam RPP nya serta sedikit memaksa siswa bertanya dengan menggunakan matriks saat sedang diskusi dalam kelas atau diskusi secara online di kelas virtual yang guru miliki.

Sepanjang sekolah anda dialiri listrik dan terdapat sinyal serta siswa punya kemampuan dalam membeli dan menggunakan smartphone maka akan sangat mudah bagi guru memberikan pengalaman siswa nuansa pembelajaran abad 21 yang memberikan guru semangat dan keinginan untuk selalu menghadirkan yang terbaik.

 

 

 

 

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s