Pentingnya seorang guru ikut organisasi atau komunitas

DOEly4WX4AECt5V

Seorang guru yang asyik mengajar akan merasa dunianya adalah murid nya selama satu tahun ajaran. Saat yang sama waktu berlalu sedemikian cepat, tahun ajaran demi tahun ajaran berlalu dan bisa saja seorang guru merasa bahwa dunianya hanya itu itu saja. Hal yang saya maksudkan adalah cara mengajar dan strategi mengajar akan sama dari tahun ke tahun, hal ini diperparah jika sekolah tempat guru itu bernaung hanya sibuk di tataran administratif saja dan lupa bahwa guru mesti diberdayakan dan ditingkatkan kompetensi nya.

Jika anda seorang guru yang ada di sekolah yang punya karakteristik seperti diatas maka jawabanya adalah anda mesti ikut satu organisasi guru sebagai upaya keluar dari empat tembok kelas yang mengekang kreativitas dan sosialisasi anda sesama pendidik.

4 sebab mengapa penting seorang guru mengikuti organisasi keguruan atau komunitas

1. Anda akan otomatis masuk ke grup komunikasi internal organisasi yang sekarang sedang trend adalah melalui Whatsapp atau telegram
2. Anda akan terus mendapatkan update mengenai pelatihan gratis dan acara event lomba lomba yang menarik
3. Cara komunikasi anda juga akan diperbaharui jika anda rutin berkomunikasi dengan sesama pendidik.
4. Anda mungkin akan ditunjuk untuk mewakili organisasi anda di tingkat wilayah atau diminta hadir dalam rapat-rapat offline dan online, jadi siapkan waktu dan tenaga anda diluar waktu mengajar.

Ada banyak faedah ketika seorang guru mengikuti sebuah organisasi keguruan. Dalam tulisan ini saya tidak akan merekomendasikan komunitas atau organisasi yang layak anda ikuti, buat saya semua layak sepanjang niatnya adalah membuat guru makin profesional dalam mengajar.

Faedah lain yang akan terasa apabila anda meniatkan diri mengikuti kegiatan organiasi atau komunitas adalah

  1. Anda merasa tidak sendiri dalam menghadapi kesulitan saat mengelola siswa dan mengajar. Dikarenakan ada banyak guru lain yang sebenarnya punya masalah yang sama dengan anda, untuk itu saatnya berbagi tips untuk bisa mengatasi masalah lewat diskusi mingguan yang dilaksanakan via online.
  2. Anda akan makin mencintai sekolah tempat anda mengajar dikarenakan anda merasa sekolah anda yang sekarang lah yang membuat anda senang dan bangga menjadi guru.
  3. Anda akan makin siap untuk berkontribusi di tingkat sekolah dikarenakan ada banyak pengalaman yang anda dapatkan selama ikut dalam kegiatan organisasi atau komunitas.

Tiga hal diatas akan membuat seorang guru makin mencintai profesinya, jadi tunggu apalagi pilih organisasi guru yang membuat profesionalisme anda terasah.

Iklan

Satu tanggapan untuk “Pentingnya seorang guru ikut organisasi atau komunitas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s