Resep guru agar nyaman, betah dan loyal mengajar di sekolah (2)

Image result for teachers edchatMembuat guru betah di sebuah sekolah swasta adalah tugas dari kepala sekolah. Seorang guru yang betah mengajar akan menghasilkan kinerja yang baik dan kesenangan pada profesinya. Secara singkat sekolah yang baik memerlukan guru yang merasa dirinya dibutuhkan oleh sekolah tempat ia mengajar dengan cara yang wajar dan win win situation.

Pada banyak kesempatan ada sekolah yang sangat bersemangat untuk mempertahankan guru-gurunya dengan cara

1. membelikannya seragam aneka rupa dan aneka ragam.
2. Mengajak guru bersenang-senang di akhir semester dan tahun ajaran.
3. Memberikan fasilitas ini dan itu.
4. Memberikan bonus akhir tahun yang lumayan.
5. Membuatkan koperasi demi kesejahteraan guru
6. Memberikan perumahan.
7. Menaikkan gaji tiap tahun ajaran (sesuai dengan inflasi)

Sayangnya ujian dari itu semua adalah pada saat pemerintah daerah setempat membuka lowongan CPNS. Ada sekolah yang sampai kekurangan guru saat mendadak pemda setempat ada lowongan CPNS. Adalah hak setiap guru untuk menurutkan keinginan hati demi kesejahteraan yang lebih baik. Pertanyaannya sekarang kenapa lowongan CPNS bisa menggerus jumlah guru di sekolah swasta yang dengan susah payah berjuang agar gurunya betah?

Betah erat kaitannya dengan nyaman, dan manusia cenderung bergerak dari rasa nyaman satu ke rasa nyaman berikutnya. Pernyataan ini mungkin bisa jadi jawabannya. Sebenarnya apa yang bisa sekolah lakukan atau prinsip apa yang sebaiknya sekolah lakukan agar guru bisa betah dengan cara yang ‘sehat’.

Sekolah bisa gunakan prinsip ‘meminjamkan’ daripada ‘memberi’. Tentu saja meminjamkan dengan cara memberikan ‘pinjaman lunak’. Intinya sekolah berusaha memberikan fasilitas (benefit) yang bisa guru manfaatkan. Pinjaman lunak bisa diberikan pada saat guru;

a. Memerlukan perumahan. Pinjamkan guru uang muka yang bisa ia cicil tanpa bunga agar kebutuhan ia akan rumah bisa dengan mudah terpenuhi.
b. Memerlukan alat kerja misalnya laptop.
c. Memerlukan dana untuk keperluan multiguna (melanjutkan kuliah atau keperluan lain).

Saya pribadi lebih setuju agar sekolah mempunyai tujuan menantang guru, daripada membuat nyaman guru. Menantang guru agar lebih profesional, lebih cekatan, lebih berpengetahuan dan lebih kompeten. Cara nya adalah dengan menilai kompetensi mengajarnya di kelas dan jadikan faktor lain sebagai pelengkap serta memberikan pelatihan yang terbaik dan terstruktur. Dengan demikian guru merasa berharga karena dirinya dianggap profesional dan bukan sekedar seseorang yang berprofesi mulia yang mesti diangkat-angkat dan dimuliakan sebegitunya. Yayasan mesti tampil menjadi sosok orang tua yang menjadikan anaknya (baca: guru-gurunya) mandiri dan bukan membuat nyaman untuk kemudian ditinggal pergi oleh guru gurunya sendiri saat ada kesempatan (baca: kenyamanan yang lebih baik).

Iklan

2 respons untuk ‘Resep guru agar nyaman, betah dan loyal mengajar di sekolah (2)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s