Kepemimpinan kepala sekolah sebagai syarat mutlak penciptaan sekolah yang inovatif

Image result for boss leader edchat

Tulisan kali ini mengenai sosok kepala sekolah. Kepala sekolah terbukti menjadi ujung tombak perubahan sebuah sekolah menjadi lebih baik. Semua pendidik yang pernah mengajar di sekolah pasti bisa menceritakan sosok kepala sekolah yang inspiratif yang pernah dirasakan kepemimpinannya.

Dalam hadapi tantangan pendidikan saat ini diperlukan pemimpin yang bertipe ‘pemimpin dan bukan sekedar seorang boss’. Keduanya mensyaratkan hal yang berbeda. Dalam kepemimpinan sebuah sekolah memang dimungkinkan seorang pemimpin berperan sebagai manager. Ciri manager adalah memastikan semuanya dilakukan dengan benar. Sebaliknya ada lagi tipe pemimpin yang lebih memastikan bahwa semuanya   dilakukan dengan arah yang benar.

Berbahaya sekali jika sebuah sekolah dipimpin oleh seseorang yang belum menjadikan aspek kepemimpinan oleh bos, maka ini yang akan terjadi:

1. Guru jadi takut ambil inisiatif, takut kepala sekolah tidak setuju, semuanya mesti apa kata kepala sekolah.

2. Guru mengajar standar-standar aja, karena guru yang kreatif dan tidak, dipandang sama oleh pihak kepsek yang bertipe bos dikarenakan yang penting asal bapak senang

3. Semua inovasi kurang dipandang dikarenakan semua mesti apa kata bos

Ketiga hal diatas jika benar terjadi akan menjadi ramuan yang kurang baik bagi kemajuan sekolah. Selanjutnya apa saja yang diperlukan sebuah sekolah menuju sekolah yang inovatif. Fungsi kepemimpinan apa saja yang diperlukan serta apa dampaknya bagi kemajuan sekolah. Silakan mencermati ketiga hal dibawah ini.

1. Ada system kepemimpinan yang dibagi atau shared leadership, dimana kepala sekolah memfungsikan semua pihak dalam urun rembuk dalam memajukan sekolah. Semua asal tujuannya baik diperbolehkan. Kepala sekolah ngotot dalam tujuan namun fleksibel dalam cara.

2. Guru senang mengajar dengan mencoba hal baru dikarenakan mereka mengerti bahwa kepala sekolahnya menomorsatukan aspek belajar mengajar menjadi tujuan dari mengapa sekolah itu ada

3. Di sekolah yang sehat justru inovasi ada dan digerakan oleh pimpinan, dengan demikian semua guru merasa bahwa sekolah maju atas usaha bersama.

Kepala sekolah adalah aktor utama dalam perubahan menuju inovasi yang berkelanjutan. Jika sebuah sekolah antar guru dan kepala sekolah saling memberikan ruang untuk perbaikan serta uji coba hal yang baru, maka sekolah akan tumbuh menjadi sekolah yang tanggap terhadap perubahan dan senang mencoba hal yang baru secara bersama-sama.

Iklan

Penulis: agusampurno

Mitra menuju sekolah efektif dan guru profesional

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s