Image result for teaching edchatKarakter anak zaman ‘now’sudah sangat berbeda dengan karakter kita saat masih bersekolah dahulu. Adapun karakteristik dari siswa kita saat ini adalah

  1. Menyukai tantangan
  2. Menyukai gratifikasi instan alias ketika mengerjakan sesuatu ingin segera dapat hasil

Dua hal diatas adalah hal yang ada hubungannya dengan proses pmbelajaran di kelas. Nah kebanyakan dari kita masih melakukan semuanya secara konvensional. Misalnya saat ada ulangan. Siswa perlu waktu seminggu untuk mengetahui hasilnya. Padahal saat mereka main gadget atau main game di smartphone, hasilnya bisa mereka ketahui langsung. Dan mereka bisa mulai lagi tanpa ada rasa takut gagal. Sementara sistem pendidikan dan pembelajaran kita masih bergantung 100 persen ke guru sebagai pengatur laku. Nah hal inilah yang menurut saya bertentangan antara sistem pembelajaran dan karakteristik siswa saat ini.

Padahal untuk bisa kalahkan tantangan abad 21 seseorang mesti punya karakter

  1. Pemecah masalah dan berpikir kritis
  2. Mampu berkolaborasi dengan orang lain dan pandai memimpin
  3. Mampu dengan cepat beradaptasi
  4. Punya inisiatif dan kewirausahaan
  5. Mampu dengan cepat mengakses dan menganalisa
  6. Punya rasa ingin tahu dan imajinasi

Penting bagi seorang guru untuk punya kemampuan dalam menumbuhkan hal diatas. Kuncinya adalah dengan memasukkannya kedalam proses pembelajaran. Banyak saya jumpai guru yang menemukan siswanya yang tidak punya motivasi dikarenakan penyebab diluar sekolah (faktor keluarga dan lain sebagainya) malah ikut larut dalam masalah siswanya. Saat yang sama lupa untuk meningkatkan mutu dari proses belajar mengajarnya di kelas. Padahal motivasi internal hanya bisa tumbuh dan ditumbuhkan lewat proses belajar mengajar yang baik. Ada 19 cara untuk memunculkan motivasi siswa kita

  1. Share (bagi kisah anda pada siswa) semua orang pasti punya kisah untuk diceritakan
  2. Libatkan siswa. Jadikan siswa subyek belajar juga
  3. Munculkan rasa keingintahuan
  4. Jauhi iming iming hadiah bagi siswa
  5. Buat pembelajaran yang bebas dari nilai alias tidak ada aspek penilaian
  6. Ajak siswa untuk mengingat motivasi apa yang membuat mereka suka pada sebuah permaianan atau olah raga, lalu gunakan motivasi yang sama dalam pembelajaran
  7. Tantang siswa temukan solusi dalam studi kasus di pelajaran anda
  8. Minta siswa temukan solusi kreatif untuk masalah yang telah terpecahkan
  9. Gunakan pembelajaran dalam kelompok
  10. Sempatkan memberi apresiasi pada siswa
  11. Gunakan permainan dan berikan insight setelah bermain
  12. Berikan waktu untuk siswa berproses
  13. Selalu jelaskan alasan dibalik perintah anda kepada siswa
  14. Bersikap antusias saat mengajar
  15. Display karya siswa
  16. Ajak siswa untuk mengukur pencapaiannya
  17. Selalu kedepankan rasa saling percaya di kelas
  18. Biarkan sekali kali siswa untuk memilih bagaimana mengerjakan tugas serta bagaiamana penilaiannya
  19. Minta siswa bagi cerita di kelas dengan orang lain lewat facebook dll

Mana dari daftar diatas yang sudah bapak ibu lakukan dan yang belum bapak ibu lakukan. Yang belum dan yang akan dilakukan ditahun ajaran depan di kelas bapak ibu para pembaca blog ini. Silahkan berbagi.

Iklan

Satu tanggapan untuk “

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s