Resep menjadi guru zaman ‘now

Guru zaman ‘now tidak mesti seseorang yang berusia muda atau seorang guru yang baru saja memulai karir. Semua guru jika ia bersedia menyesuaikan diri hadapi perubahan zaman layak di sebut sebagai guru zaman ‘now. Apa saja cirinya silakan cermati berikut ini.

  1. Menjadi sosok yang berani mengambil risiko dalam perubahan demi kebaikan di kelasnya. Tentunya dengan tetap berkoordinasi dengan semua pihak maka jika ada efek dari perubahan akan bisa dikurangi seminimal mungkin.
  2. Saat melakukan perubahan ia memiliki pemahaman bahwa segala sesuatu bisa saja tidak berjalan sesuai rencana. Hal ini penting saat guru mencoba pendekatan/strategi/model pembelajaran yang belum pernah dicoba sebelumnya.
  3. Menjadi sosok yang mampu memberdayakan pilihan siswa. Guru bersedia membuka ruang untuk mengetahui apa yang diminati dan kurang diminati oleh  siswanya dan kemudian memanfaatkan kesempatan tersebut untuk menciptakan budaya motivasi intrinsik ( motivasi yang hadir dari dalam diri siswa).
  4. Melibatkan komunitas pembelajar (sesama guru, orang tua siswa serta pihak lain) di sekolah dalam proses perancangan ulang pembelajaran dan memberi kesempatan kepada anggota masyarakat untuk menjadi bagian dari pekerjaan luhur dalam mendidik siswa. Bukan berarti guru menjadi lepas tangan, namun tugas guru menjadi pemimpin sebuah orkestra kerja bersama dalam mendidik siswa.
  5. Menciptakan iklim komunikasi yang terbuka di kelas di mana setiap siswa dengan nyaman bersedia berbagi informasi, keberhasilan, tantangan, dan pertanyaan kepada gurunya
  6. Bersedia mengambil pendekatan holistik dalam cara pandang saat melejitkan potensi siswa dan saat mengidentifikasi/menangani kebutuhan siswa. Sebuah Pendekatan Holistik berarti bahwa semua faktor diperhitungkan secara keseluruhan, saling bergantung satu sama lain untuk kepentingan semua.

Faktor diatas adalah sebuah hal yang memang mesti dilakukan dan disadari sebagai pendidik yang ingin siswanya berhasil dan dirinya merasa bermakna dalam menjalani profesi sebagai pendidik.

Iklan

Penulis: agusampurno

Mitra menuju sekolah efektif dan guru profesional

One thought on “Resep menjadi guru zaman ‘now”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s