10 Kiat Sukses mengelola perilaku siswa di satu kelas

Mengelola perilaku satu siswa saja sudah sering membuat guru pusing, apakah lagi mengelola perilaku siswa satu kelas. Ini yang sering guru pikirkan. Ada pepatah yang mengatakan bahwa sebuah perilaku itu menular. Baik dan buruk, seorang siswa bisa menularkan atau tertular perilaku dari siswa lainnya.

Ada cara untuk guru bisa mengendalikan perilaku satu siswa bahkan satu kelas

1. Bersikap konsisten. Konsisten akan membuat guru tidak disukai oleh siswa yang gemar mencari celah agar perilakunya tak patutnya bisa diterima.
2. Jika ada hal yang membuat suasana kelas tidak kondusif, jangan tunggu waktu lama, segera cari akarnya, lalu selesaikan.
3. Lakukan perkataan dan perbuatan yang persuasive pada siswa. Misalnya dengan katakan ke seluruh kelas, terima kasih kepada …. yang telah bersikap baik hari ini.
4. Selalu gunakan kata menurutmu? Kata tanya tadi akan memberikan siswa pilihan sehingga ia merasa tidak dikekang. Bisa juga dipakai untuk siswa yang besar atau lebih kecil, dengan selalu lah berikan ia pilihan saat ingin mengarahkan perilaku nya, tentunya semuanya adalah pilihan yang direncanakan oleh guru.
5. Kritik siswa saat anda berhadap-hadapan dan tidak ada orang lain, namun pujilah siswa di depan orang lain. Pasti siswa akan senang karena merasa diberikan umpan balik yang positif.

6. Hindari memberikan label. Guru hanya akan membuat jurang pemisah dengan siswa jika siswa sering diberikan label yang negatif. Jika siswa lakukan kesalahan segera lupakan setelah beri ia peringatan.
7. Ajak siswa bergerak, dengan lakukan permainan sesaat saat ditengah proses belajar. Siswa bisa bertingkah negatif jika ia bosan.
8. Lakukan variasi dalam mendiamkan seluruh siswa. Bisa dengan cara menghitung mundur, tepuk tangan dan lain sebagainya.
9. Beri siswa kejutan mengenai sebuah fakta atau tebak tebakan yang bisa guru berikan jawaban diakhir pembelajaran (tentunya sesuai dengan hal yang sedang diajarkan) dijamin anak akan senang mengikuti pembelajaran anda.
10. Jadi guru dilarang punya pola yang itu itu saja. Jika anda heran mengapa siswa sulit diatur, saatnya mawas diri sebagai guru seberapa variatif kah cara saya mengajar. Variasi pembelajaran perlu perencanaan namun guru akan mengambil hasilnya ketika siswa menjadi patuh dan enak diajak bermitra dalam pembelajaran.

Ke sepuluh hal diatas tidaklah sulit dan akan membuat anda senang menjadi seorang pendidik. Jika masih ada siswa yang kurang atau negatif dalam bersikap. Segera jalankan taktik nomor 3, dengan mencari apa akar permasalahnnya, saatnya lakukan penelusuran terhadap diri anak tersebut. Gunakan IEP jika perlu.

Iklan

Penulis: agusampurno

Mitra menuju sekolah efektif dan guru profesional

One thought on “10 Kiat Sukses mengelola perilaku siswa di satu kelas”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s