3 panduan saat memilih perwakilan komite sekolah

komite-infografis1

Memilih komite sekolah berarti memilih mitra bekerja sama. Bukan saatnya lagi memilih komite hanya untuk menjadi stempel sekolah alias orang yang diminta untuk selalu setuju dengan semua kebijakan yang sekolah ambil. Beberapa panduan dibawah ini akan membantu anda dalam memilih orang tua siswa yang akan dijadikan komite sekolah.

1. Punya waktu, pertemanan yang luas serta punya pendapatan yang baik. Tidak mesti seorang yang kaya raya namun perlu dipilih orang yang tidak lagi perlu mencari nafkah dengan susah payah. Pertemanan yang luas penting agar
kebijakan sekolah bisa dibantu disebarluaskan dengan cara yang baik dan elegan.

2. Peduli pada kedisplinan sekolah. Saat sekolah ingin terapkan kebijakan pendidikan kedisiplinan atau karakter, komite perlu diberitahukan agar mencegah pengaduan dari pihak yang jelas jelas salah atau mencoba mengambil keuntungan dari konflik antara orang tua siswa dengan sekolah mengenai kedisiplinan.

3. Mengerti dan bisa diyakinkan mengenai arah perkembangan pendidikan kedepan. Seorang anggota komite sekolah tidak perlu seorang ahli pendidikan, yang terpenting ia adalah seorang yang yakin bahwa tantangan kedepan untuk siswa berbeda dengan situasi yang ia alami. Dengan demikian dirinya menjadi sosok yang berpikiran terbuka dan bersedia menjadi teman dialog dalam pengambilan keputusan mengenai sarana dan prasarana sekolah atau bahan ajar apalagi mengenai mutu guru.

Di jaman ‘now ini sebuah sekolah mesti punya mitra bekerja sama dalam pengelolaan sekolah, pengambilan keputusan serta saat sekolah memerlukan dana dalam pengadaan atau penyelenggaraan acara. Sekolah akan makin maju jika mitra kerja samanya supportif dan mengerti bahwa keberadaan sekolah akan sukses jika semua pemangku kepentingan mau turun membantu.

Iklan

Penulis: agusampurno

Mitra menuju sekolah efektif dan guru profesional

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s