6 sebab mengapa sebuah sekolah swasta kurang berkembang

coe_hp_newPerubahan di sekolah swasta punya banyak tantangan yang menarik untuk dibahas. Sebuah sekolah swasta sebenarnya mengandalkan betul pada kualitas dan kreativitas guru, sayangnya sekolah terjebak untuk sekedar menuruti kewajiban dari pihak dinas pendidikan semata tanpa terpikir untuk mengembangkan kekhasan nya sendiri. Bicara mengenai kekhasan sebuah sekolah, sejatinya di tiap tahun ajaran sekolah punya tantangan sendiri dalam mengembangkan jati diri.

Lewat tulisan ini saya ingin memberikan gambaran apa saja ciri sekolah swasta yang masih belum menemukan jati diri dalam mengembangkan visi dan misi sebagai sebuah lembaga pendidikan

1. menjadikan buku teks sebagai satu satunya sumber pembelajaran, yang berimbas pada proses belajar mengajar yang monoton dan konvensional.
2. kerja sama antar guru yang minim
3. Semangat pengelola hanya mensejaterahkan guru atau sebaliknya terlalu hitung-hitungan untung rugi pada gurunya.
4. Disibukkan dengan perilaku siswanya yang cenderung tidak disiplin. Biasanya terjadi di SMK.
5. Banyak guru yang tidak tetap atau menyambi di sekolah lain.
6. Cengkeraman yayasan yang luar biasa hingga mematikan kreativitas pengelola atau sebalik nya Yayasan tak begitu punya cara untuk mengontrol kinerja .
Hal- hal diatas bisa bertambah lagi jika dirunut dengan usia sekolah. Semakin sekolah berumur maka sekolah semakin punya banyak sisi untuk dikembangkan dan diperbaiki. Sebuah sekolah swasta bisa saja terkenal di masa lalu atau juga merupakan pemain baru di dunia pendidikan.

Hal yang menjadi krusial adalah bagaimana pengelola mengembangkan kekhasan lembaganya lewat kerja bersama antara guru, kepala sekolah dan orang tua siswa lewat beragam kegiatan dan inisiatif demi memajukan sekolah. Memang akan ada banyak guncangan namun jika diniatkan demi kemajuan sekolah maka tiada hal yang tidak mungkin untuk dilakukan dengan bersama-sama

Iklan

Penulis: agusampurno

Mitra menuju sekolah efektif dan guru profesional

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s