Menggelorakan semangat anti korupsi melalui kegiatan pembelajaran. Refleksi dari Teacher Supercamp 2017

24775239_1747236271961368_4581219806292786067_n

Apa sebenarnya tugas dari lembaga yang bernama sekolah? jika dibuat survey jawaban nya hampir pasti memintarkan siswa. Sebuah jawaban yang menarik dan pastinya tidak sesuai dengan semangat jaman yang saat ini kesadaran memintarkan siswa sudah berkembang menjadi membuat siswa yang pintar dan berkarakter. Di akhir bulan November 2017 saya bertemu dengan guru-guru hebat dari seluruh Indonesia yang oleh KPK (Komisi Pemberantan Korupsi) dikumpulkan untuk melakukan Teacher Supercamp 2017 . Sebuah event tahunan yang sangat menarik dikarenakan ini membuktikan bahwa oleh KPK kesadaran untuk mencegah sekarang sudah sama besar dan kuatnya dengan kesadaran penegakan hukum.

Dalam event ini yang dibahas adalah bagaimana menggaungkan kesadaran ‘anti korupsi’ di level kelas dan sekolah. KPK megharapkan guru-guru yang punya kesadaran dan keahlian dalam menyelipkan tambahan semangat dan pesan anti korupsi bisa memberi inspirasi bagi pendidik lainnya.

Ada banyak ide, produk serta rancangan dalam bentuk RPP yang timbul dalam upaya guru guru yang terpilih di ajang Teacher Supercamp 2017 ini untuk menyuarakan semangat ‘anti korupsi’. Bersama Pak Zulfikri Anas saya memndampingi guru agar pesan yang diinginkan sampai kepada siswa dalam bentuk kegiatan pembelajaran yang bermakna. Di sekolah pesan anti korupsi bisa disampaikan lewat penguatan karakter serta penguatan tata kelola sekolah yang transparan dan partisipatif.

9-nilai-antikorupsi-menurut-kpk-n
Beberapa saran dibawah ini baik kiranya untuk menyampaikan pesan ‘anti korupsi’di sekolah atau kelas anda.

Di tingkat sekolah

Anda bisa memulai dengan kegiatan yang disebut sebagai pekan anti korupsi. Pekan anti korupsi adalah sebuah event yang berisi kegiatan yang mengarah pada upaya penguatan karakter yang mendukung penegakan anti korupsi di dalam tataran kegiatan belajar mengajar di sekolah. Selama seminggu sekolah anda bisa melakukan kegiatan yang bisa bermanfaat bagi menaikkan kesadaran siswa bahwa korupsi adalah penyakit yang mesti dihilangkan. Contoh kegiatan Senin: pembukaan minggu anti korupsi dan lomba poster anti korupsi. Selasa: bedah buku. Rabu: menonton film biografi tokoh yang jujur dan berintegritas. Kamis: pengumuman lomba poster sekaligus pameran. Jumat melakukan games atau lomba-lomba singkat yang meneguhkan karakter-karakter diatas sekaligus penutupan pekan anti korupsi. Kegiatan-kegiatan yang saya tuliskan adalah hanya contoh bagaimana mengaplikasikan semangat anti korupsi dalam level sekolah secara singkat dan tidak memakan waktu.

Di tingkat kelas melalui aktivitas pembelajaran

Di kelas hal yang penting untuk dilakukan adalah anda memasukkannya dalam RPP. Hal ini untuk memastikan bahwa sebagai guru anda tidak hanya sekedar menyelipkan dalam pembelajaran. Jika sekedar menyelipkan maka pesan anti korupsi akan tidak sampai kepada siswa. Dikarenakan bagi siswa akan mudah lupa jika anda hanya menyelipkannya lewat metode ceramah. Sebaliknya jika guru secara terencana sampaikan pesan lewat RPP yang terstruktur dalam kegiatannya maka pesan akan sampai dan akan terinternasilisasi lewat perubahan sikap siswa. Guru mesti membuat aktivitas pembelajarannya menarik lewat strategi belajar mengajar yang membuat siswa bekerja sama. Dikarenakan hanya dengan bekerja sama maka siswa akan mudah menyerap nilai nilai yang sesuai dengan gerakan anti korupsi antara lain Religius, Jujur, Disiplin, Kerja Keras, Mandiri, Menghargai Prestasi tangung jawab dan Peduli Sosial. Hal yang sangat penting selain aktivitas pembelajaran yang dinilai dengan prinsip penilaian autentik (authentic assesment) . Penilaian autentik adalah suatu proses pengumpulan , pelaporan dan penggunaan informasi tentang hasil belajar siswa dengan menerapkan prinsip-prinsip penilaian, pelaksanaan berkelanjutan, bukti-bukti autentik, akurat, dan konsisten sebagai akuntabilitas publik (Pusat Kurikulum, 2009). Jika guru tidak menggunakan penilaian ini maka siswa akan merasa bahwa semangat anti korupsi hanya pada tingkat pengetahuan saja dan tidak masuk kedalam aspek penerapan atau bersifat aplikasi.

Menggelorakan semangat anti korupsi adalah tugas semua orang yang setuju dengan sepak terjang KPK dalam memberantas korupsi. Guru punya pesan strategis dalam membantu menyuarakan pesan ini.

Hal yang bisa guru lakukan untuk menyuarakan pesan ini adalah

1. Punya kemampuan manajemen kelas yang baik. Tanpa ini maka pesan anti korupsi hanya pada level guru berceramah saja menasihati siswanya.
2. Punya keinginan untuk mencoba strategi baru dalam pembelajaran. Guru gemar mencoba strategi baru dan menulis skenario rencananya lewat RPP yang aplikatif. Guru mengutamakan kegiatan pembelajaran yang bermakna, dimana siswa aktif dan ada proses refleksi nilai-nilai yang ada dalam kegiatan pembelajaran.
3. Punya kemampuan komunikasi kepada semua pemangku kepentingan di sekolah.
4. Bersedia belajar kembali mengenai penilaian autentik. Penilaian autentik terdiri dari berbagai teknik penilaian yang mampu menggali sisi kreatif siswa sekaligus mengajarkan mereka arti berusaha dan kerja keras yang merupakan inti dari semangat anti korupsi.

Silakan cek disini untuk kelengkapan event ini https://acch.kpk.go.id/id/teachersupercamp

Iklan

Penulis: agusampurno

Mitra menuju sekolah efektif dan guru profesional

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s