Kepala sekolah dan pemilik sekolah (sekolah swasta) kerap mengalami kebingungan serta ketidakpastian dalam upaya meningkatkan kualitas mengajar dan kompetensi pribadi para guru yang mengajar di sekolahnya. Sebenarnya seberapa penting untuk meningkatkan keterampilan mengajar seorang guru?
Jika masih ragu bayangkan saja perangkat hp atau smart phone yang kehabisan baterai (low bat), seperti itulah bayangan seorang guru yang jarang dilatih dan diberikan tambahan ilmu terkini dalam mengajar. Cara mengajarnya menjadi konvensional dan kerap dikeluhkan oleh orang tua siswa. Ujung dari semuanya adalah guru menjadi tidak bersemangat dan cenderung hanya mengajar sebagai rutinitas saja.
Sebenarnya pelatihan apa yang diperlukan bagi seorang guru agar cara mengajarnya kreatif sekaligus guru menjelma menjadi sosok yang profesional dalam membawakan diri dalam keseharian dan tangkas berkomunikasi pada orang tua siswa.
Manajemen kelas yang kondusif
Mengapa pelatihan ini penting ?
- Guru mengetahui bagaimana mengelola kelas menyesuaikan dengan prinsip pembelajaran Abad 21
- Mengetahui bagaimana mengatur kelas sesuai dengan prinsip pembelajaran dalam Kurikulum 2013
- Mengetahui dan bisa mempraktekkan bagaimana membentuk lingkungan pembelajaran yang kondusif
- Mengatasi dan mencegah bullying, dari siswa ke siswa, guru ke siswa dan siswa ke guru.
- Memberikan siswa motivasi, membentuk karakter siswa melalui disiplin yang positif
- Bagaimana membentuk kesepakatan kelas dan peraturan kelas yang dipatuhi oleh siswa.
Membuat display dan hiasan yang menarik di kelas
Apa saja hal yang guru bisa cermati dan pelajari
- prinsip menghias kelas dengan kreatif
- menghias kelas sesuai tema
- menghias kelas sesuai kelas dan tingkatan mengajar TK, SD atau SMP/SMA
- menghias kelas dengan bahan bekas
Pembuatan RPP yang efektif
Guru akan semakin terampil dan menguasai
- Bagaimana membuat RPP sesuai dengan prinsip pembelajaran Abad 21
- Bagaimana RPP menjadi pokok arahan dalam kurikulum 2013
- Dasar perancangan pembelajaran yang bermakna
- Cara melakukan bedah Silabus (KI-KD)
- Membuat tujuan pembelajaran, merancang indikator memadukan LOTS dan HOTS (berpikir tingkat rendah dan berpikir tingkat tinggi)
- Indikator Pembelajaran yang sesuai dengan taksonomi bloom pada Questioning skill berdasarkan Bloom Taxonomy dan berbasis pada tatanan ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik.
Merancang pembelajaran yang kreatif
Guru akan fasih dalam melakukannya di kelas, hal-hal dibawah ini
- Apa sebenarnya hakikat Pembelajaran Abad 21,
- Prinsip Pembelajaran yang berasaskan PAKEM dalam kurikulum 2013
- Langkah-langkah pembelajaran dalam pendekatan saintifik
- Bagaimana melaksanakan pembelajaran kooperatif di kelas
- Pembelajaran menggunakan graphic organizer (peta pikiran)
- Melakukan micro teaching (praktek mengajar) dengan teknik mengajar yang kreatif
Pembuatan media dan sumber belajar
Guru akan semakin terampil dan menguasai
- Prinsip media pembelajaran dalam Kurikulum 2013
- merancang Lembar Kerja Siswa yang kreatif
- Memahami tentang pengertian media dan sumber pembelajaran
- Menentukan media dan sumber pembelajaran yang tepat
- Merancang media pembelajaran
Pembelajaran literasi di kelas dan menumbuhkan budaya literasi di sekolah
Guru mengetahui tata laksana dalam melakukan
- Program membaca di sekolah
- Membuat sudut membaca di kelas
- Melakukan teknik kreatif dalam membuat siswa senang membaca (lewat piramida bercerita, berburu harta karun dll)
- Melakukan pemetaan bahan bacaan yang cocok bagi siswa
- Memberdayakan perpustakaan untuk pembelajaran di kelas
Penilaian dalam kurikulum 2013
Guru akan fasih dalam pemahaman dan pelaksanaan, hal-hal dibawah ini
- prinsip penilaian autentik
- Bagaimana melakukan penilaian sikap, pengetahuan dan keterampilan
- Memahami prinsip portfolio
- Melakukan students led conference dalam level sekolah
- Melakukan penilaian dengan instrumen penilaian Rubrik, Rating Scale, Checklist.
- Jurnal Refleksi Pembelajaran Karakteristik penilaian.
- Bagaimana menentukan nilai ketuntasan belajar.
- Bagaimana melakukan pengolahan nilai sikap, nilai keterampilan dan nilai pengetahuan.
- Bagaimana menindak lanjuti hasil belajar siswa
Integrasi TIK di kelas Media & sumber belajar
Guru akan mengetahui cara dan teknik dalam
- Bagaimana melakukan presentasi pembelajaran yang efektif
- Pembelajaran menggunakan (LMS) learning management system yaitu Schoology, edmodo dll
Public speaking untuk guru dan kepala sekolah
Pendidik akan makin mampu dan terampil dalam
- Berbicara dan berkomunikasi online dan offline dengan efektif dan profesional kepada semua stake holder/pemangku kepentingan (sesama guru, orang tua siswa dan siswa)
- memotivasi keinginan belajar dan perubahan perilaku peserta didik dengan pemilihan kata (diksi) yang tepat hingga berujung dengan penerapan disiplin yang positif.
- Meningkatkan penguasaan keterampilan mengajar guru di kelas sehingga bisa mempengaruhi dan menginspirasi siswa nya lewat ucapan yang bernuansa empati sekaligus asertif
- menguasai kelas lewat trik yang bisa membuat peserta didik memperhatikan guru tanpa dipaksa.
Daftar pengetahuan diatas akan sangat berguna dalam memberdayakan guru. Setiap pendidik yang punya ilmu dan perbekalan yang cukup dalam mengajar akan makin cinta pada profesinya sekaligus guru yang punya kemampuan mengembangkan diri dan kelas yang menjadi tanggung jawab nya secara reflektif dan profesional.
9 cara yang sangat lengkap dan penting sekali itu, Pak. Matur nuwun sanget…
terimakasih, informasinya sangat bermanfaat sekali. kunjungi juga : https://agus-sn.blogspot.co.id/2018/03/pelibatan-keluarga-pada-penyelenggaraan.html
Reblogged this on TIK dan Kemuhammadiyahan and commented:
9 cara meningkatkan kreativitas dan kompetensi guru
Salam pak Agus. Tulisan bapak sangat menginspirasi dan sangat baik. Saya setuju seluruh ulasan bapak jika sekolahnya ada di kota, tetapi bagaimana dengan sekolah yang ada di pedalaman pak. terutama dalam penerapan dua poin berikut:
Guru mengetahui bagaimana mengelola kelas menyesuaikan dengan prinsip pembelajaran Abad 21
Mengetahui bagaimana mengatur kelas sesuai dengan prinsip pembelajaran dalam Kurikulum 2013
Saya akan senang sekali jika bapak memberi tips-tips tertentu tentang pelaksanaan K 13 bagi guru yang bertugas di daerah pedalaman. salam
Aplikasi Schoolmantic yaitu absensi sidik jari untuk sekolah yang mempunyai fitur data kehadiran real time yang bisa diakses dari website dan otomatis mengirimkan sms ke nomor hp orang tua siswa.
kunjungi website kami : http://aswandi.or.id