Inovasi adalah obat mujarab bagi sekolah agar bisa terus relevan

DDXcmi1XkAMNoKy

Sekolah swasta atau negeri yang di tahun 80 atau 90 an awal menjadi sekolah favorit, di masa sekarang mengalami dua jenis keadaan, bertahan seadanya atau ditinggalkan sama sekali. Untuk sekolah negeri sepertinya tidak akan terjadi dikarenakan dengan dana pemerintah yang ada, sekolah punya daya tarik menjadi sekolah yang gratis dari segi pembayaran.Bagi sekolah swasta tidak ada jalan lain jika ingin bertahan mesti dengan inovasi. Namun pertanyaannya mengapa sekolah swasta ‘jadul’ bisa menjadi tidak relevan lagi dimasa sekarang. Beberapa faktor bisa saya ungkap disini.

  • Sekolah terlalu berat sebelah mengutamakan aspek kognitif.
  • Disiplin yang diterapkan bukan disiplin yang positif, lebih kepada upaya mengekang siswa agar bisa dibatasi dan dibentuk.
  • Guru masih konvensional, mudah marah jika merasatidak dihormati siswa
  • Sekolah kurang mendahulukan pelatihan dan pengembangan kompetensi guru. Kesejahteraan mungkin diperhatikan namun kompetensi kurang diperhatikan.

Faktor diatas lah yang membuat sekolah jadi kurang relevan hadapi tantangan abad 21. Saat yang sama ada sekolah yang semata andalkan muatan ‘agama’ agar bisa bertahan. Sebuah hal yang tidak salah namun seperti hidangan, serasa belum lengkap jika sekolah tidak mengedepankan hal yang aplikatif dan mempersiapkan keterampilan hidup siswanya.Sebenarnya apa hal yang membuat sebuah sekolah bisa terus relevan. Jawabannya sederhana saja yaitu ‘inovasi’. Bagaimana membuat inovasi bisa menjadi ruh bagi sebuah sekolah sebagai komunitas pembelajar.

  1. Sekolah mesti dipimpin oleh kepala sekolah yang pembelajar
  2. Sekolah punya kegiatan atau aktivitas andalan selain proses belajar mengajar yang konvensional
  3. Sekolah ‘memaksa’ guru-gurunya saling bekerja sama, lewat beragam cara dan siasat.
  4. Sekolah punya visi yang kuat, yang dijabarkan dalam bentuk action plan atau rencana aksi yang terstruktur dan punya jangka waktu
  5. Pembelajaran di sekolah bernuansa karya nyata berorientasi keterampilan hidup, dan bukan sekedar teori
  6. Guru terus ditingkatkan kompetensi nya lewat serangkaian pelatihan, bukan untuk agar mereka ‘pintar’ mengajar, namun agar supaya mereka fleksibel dalam menggunakan beragam metode dan punya mind set ke masa depan.

Berinovasi adalah persoalan budaya sekolah. Sungguh sangat sayang jika sebuah sekolah swasta jalan ditempat hanya karena punya budaya yang kurang kekinian. Relevansi berawal dari inovasi dan sebaik-baiknya inovasi adalah yang berasal dari guru guru yang diberdayakan dengan pelatihan terkini dan ‘dipaksa’ buat berkolaborasi.

 

Iklan

Penulis: agusampurno

Mitra menuju sekolah efektif dan guru profesional

2 thoughts on “Inovasi adalah obat mujarab bagi sekolah agar bisa terus relevan”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s