4 tanda guru sebagai agen perubahan 

teacher-quote
Bukan perkara mudah menemukan guru yang siap jadi agen perubahan. Bahkan guru yang punya gelar berprestasi pun belum tentu sanggup jadi agen perubahan. Dikarenakan sebagai agen perubahan perlu mental, pola pikir dan strategi agar bisa membawa siswa, sesama guru bahkan sekolah ke arah yang lebih baik.

Berikut ini adalah hal yang mesti dimiliki oleh seorang guru yang boleh dikatakan sebagai agen perubahan.

  1. memasukkan aspek harga diri siswa saat melakukan upaya mendisiplinkan siswa. Harga diri mesti jadi pertimbangan saat mengubah perilaku siswa, anak yang merasa diperhatikan harga dirinya akan mudah untuk diberi pengertian. Saat yang sama guru akan menjelma jadi orang yang sabar.
  2. punya mind set atau pola pikir untuk selalu ingin berkembang (Learn.
    Apply. Fail fast.Relearn. Reapply. and Keep moving forward) cepat bangkit saat gagal itu kuncinya
  3. Memandang positif semua perubahan yang terjadi di sekitarnya. Menyayangkan hal dan ini dan itu mengapa berubah, hanya akan membuat guru anti perubahan. Semisal guru yang anti video game yang dimainkan oleh siswa, saat yang sama ia senang bermain game di hp nya. Menurut saya hal yang mesti dilakukan guru hanya menggunakan falsafah yang ada dalam game untuk sistem pembelajaran di kelas yaitu ada tantangan, ada feed back yang instant dan pengakuan di depan kelas bagi siswa yang mampu menguasai materi.
  4. Berpikiran ‘muda’. Saya tidak berbicara soal usia saat membahas ini. Hal yang saya soroti adalah mental guru yang senang mengistirahatkan semangatnya saat bertemu hal yang baru dengan alasan menambah beban kerja dan lain sebagainya. Sebuah pola pikir yang akan menghalangi guru dari kemajuan.

Empat hal diatas adalah hal yang sangat baik jika ada pada diri seorang guru. Jika ada di sekitar anda guru dengan mental atau pola pikir diatas maka dialah agen perubahan dikarenakan tindakan tindakannya sangat menginspirasi orang lain.

Iklan

Penulis: agusampurno

Mitra menuju sekolah efektif dan guru profesional

One thought on “4 tanda guru sebagai agen perubahan ”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s