​4 alasan mengapa ​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​guru BK adalah ‘jantungnya’ sebuah sekolah yang efektif

Sebuah sekolah adalah hasil dari kerja sama semua pihak. Sayangnya yang sibuk bekerja kebanyakan hanya kepala sekolah dan wakilnya. Padahal ada satu sosok yang bisa dilibatkan yaitu guru BK.

Mengapa saat ini guru BK dipandang makin strategis dalam membuat sekolah jadi efektif?

1. Guru BK punya kemampuan mendengar, ia cocok jika berperan sebagai negoisator atau mediator jika sekolah sedang ada konflik dengan orang tua siswa, atau bahkan dengan sesama guru.

2. Guru BK punya kemampuan untuk berikan dukungan pada siswa yang bermasalah, tanpa mesti terburu lakukan hukuman.

3. Guru BK punya kemampuan menyambungkan sekolah dengan lembaga lain diluar sekolah. Dengan alumni sekolah juga dengan mudah bisa terkoneksi. 

4. Guru BK punya kemampuan untuk luncurkan program yang sifatnya pencegahan, ia bisa dengan mudah bekerja sama dengan lembaga yang terkait misal BNN  dalam soal narkoba.

Jika anda merasa 4 hal diatas adalah hal yang baru, berarti peran guru BK di sekolah anda baru sebatas hanya sebagai pemadam kebakaran atau polisi sekolah. Belum bersifat proaktif karena belum diberikan peran dan tanggung jawab setara kepala sekolah.

Iklan

Penulis: agusampurno

Mitra menuju sekolah efektif dan guru profesional

2 thoughts on “​4 alasan mengapa ​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​guru BK adalah ‘jantungnya’ sebuah sekolah yang efektif”

  1. Terkesan baru sih nggak ya, tp sjauh yg sya tahu memang peran guru BK slma ini di bbrp skolah yg sy amati, gak terlihat dampaknya. Sy lihat krn guru ybs kurang pham tugasnya, hnya tahu teori tp susah brpraktik. 😂😂

    1. Diperlukan dukungan yang tinggi dari kepala Sekolah, itu sebabnya derajat dan wewenang mereka Sebenarnya hampir sama dengan kepala sekolah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s