4 ide mengakhiri tahun ajaran dengan menyenangkan

quote-keep-calm-school-is-almost-over1

Satu tahun ajaran bukan waktu yang lama namun juga bukan waktu yang sebentar. Diperlukan nafas yang panjang dan kesadaran agar selamat sampai di akhir tahun ajaran. Sepanjang pengalaman saya sebagai guru kelas atau wali kelas ada beberapa momen yang pastinya memerlukan ketahanan diri dan emosi saat menjalani satu tahun ajaran, saat itu adalah:

  1. Tahun ajaran baru dimulai dan mulai menghitung, berapa anak yang perlu dukungan. Semua guru langsung membagi jadi siswa yang cepat, biasa dan yang lambat belajarnya.
  2. Memetakan jenis orang tua siswa yang ada di kelas kita. Hal yang pasti terjadi guru langsung membuat daftar tipe tipe orang tua siswa yang mesti dijaga karena kritis, atau yang perlu dilakukan pendekatan karena cuek terhadap perkembangan anaknya.
  3. Saat pembuatan raport. Guru terkadang baru sadar bahwa masih ada siswa yang belum memenuhi standar.
  4. Saat siswa perlu bepergian dalam rangka karya wisata atau ada acara rutin sekolah yang melibatkan penampilan, jika guru yang jadi pengelolanya dijamin konsentrasi mengajar mesti dibagi dengan pelaksanaan acara.
  5. Peristiwa peristiwa kecil dan besar selama satu tahun ajaran yang pasti menguras tenaga dan emosi.

Enam hal diatas memang tidak main main, diperlukan guru yang profesional dan mengajar dengan hati jika mau sukses satu tahun ajaran. Saat satu tahun ajaran akan berakhir, guru mesti punya cara agar siswa merasa bahwa satu tahun ajaran dengan anda berlangsung dengan kenangan positif di sisi lain anda jadi belajar sebagai profesional untuk belajar dari pengalaman yang telah terjadi agar tahun ajaran berikutnya bisa sukses sebagai guru. Untuk menutup tahun ajaran anda bisa melakukan hal- hal sebagai berikut

1.Adakan acara kecil-kecilan yang seru, siswa membawa makanan kecil untuk dimakan bersama dengan guru, tidak perlu yang mengenyangkan yang penting keakraban. Minta siswa untuk tampil di depan secara sendiri sendiri dan berkelompok.

2.Lakukan acara seperti ‘malam penganugrahan piala oscar’, berikan penghargaan untuk semua siswa dengan beberapa kategori yang lucu dan menghibur.Biarkan siswa memakai pakaian yang istemewa selayaknya malam penghargaan. Adapun jenis penghargaan bisa hal positif apa pun yang terjadi selama satu tahun ajaran kemarin dan usahakan semua siswa dapatkan piagam penghargaan, dengan contoh kriteria sebagai berikut:

  • Datang paling pagi
  • Penampilan paling rapih selama satu tahun ajaran
  • Orang yang senang membantu orang lain
  •  selalu tepat waktu mengumpulkan PR
  • Dan lain lain.

3. Lakukan wawancara atau talkshow, minta siswa anda menjadi host nya dengan anda guru sebagai bintang tamunya. Sebelum acara minta siswa menulis pertanyaan yang bisa diajukan kepada guru. Pertanyaannya misalnya: kenapa siswa tidak boleh membawa hp dan lain sebagainya yang merupakan suara hati siswa selama satu tahun ajaran. Cara ini bisa juga terjadi sebaliknya, minta siswa jadi bintang tamu dan anda menjadi hostnya, tanyakan hal hal yang lucu namun tetap dalam rangka membuat siswa merefleksikan kinerja mereka satu tahun ajaran.

4.Meminta siswa melakukan role play, dengan cara meniru sikap dan tingkah laku anda selama mengajar mereka di kelas. Perlu jiwa besar memang jika ingin melakukan hal ini, dikarenakan jika anda mudah tersinggung maka sebaiknya dihindari. Saran saya acara ini layak dicoba, untuk humor saja.

Contoh diatas adalah cara bagaimana agar guru tidak menyia nyiakan kesempatan untuk belajar kembali. Kali ini belajar dari siswanya mengenai bagaimana sebaiknya cara guru mengajar. Dalam sebuah kelas yang kondusif, guru dan siswa punya hak dan kewajiban yang sama untuk meninggikan potensi masing-masing. Akan sangat disayangkan apabila akhir tahun ajaran dilewatkan begitu saja tanpa membuat guru menjadi sosok yang lebih baik dalam berkarya dan bertingkah laku.

 

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s