4 cara agar sekolah punya akuntabilitas (refleksi NEC 2017 Sampoerna University)

AboutUs

extIstilah Akuntabilitas di sekolah adalah situasi dimana sekolah diminta untuk jadi sekolah yang bisa dipercaya. Rasa percaya hadir dari pembuktian. Pembuktian yang terbaik adalah dengan melibatkan banyak metode dan hasil dari keikut sertaan semua pihak yang ada di sekolah. Rasa percaya juga bisa hadir dikarenakan batas batas kekakuan sudah terlewati.

Batas kekakuan atau salah paham yang saya maksud terjadi dikarenakan

1. Sekolah merasa bahwa orang tua siswa adalah sosok yang maunya beres saja mentang mentang sudah membayar kepada sekolah
2. Orang tua siswa merasa bahwa sekolah kurang strategi dalam melibatkan mereka dalam perkembangan anaknya. Orang tua siswa dipanggil saat ada masalah saja.
3. Sekolah masih lugu dalam melaporkan perkembangan siswa. Sekolah hanya kenal raport yang isinya angka angka yang masih kurang menginformasikan perkembangan seorang siswa.

Apa yang mesti sekolah lakukan agar makna akuntabilitas bisa dirasakan oleh segenap pemangku kepentingan di sekolah?

1. Sekolah punya rancangan struktur keterlibatan orang tua siswa.
• Di titik apa sekolah melibatkan orang tua siswa
• kapan orang tua akan dilibatkan
• Dengan cara apa melibatkan orang tua siswa (penting untuk sekolah punya strategi, dan strategi yang baik adalah strategi lewat makanan atau coffee morning dan lain sebagainya)
• untuk urusan apa pelibatan orang tua siswa.

2. Sekolah mesti punya banyak strategi dalam melaporkan perkembangan siswa dengan prinsip sebagai berikut
• Hindari hanya menggunakan raport angka saja
• Sekolah punya raport lain yang melengkapi raport angka
• Sekolah menggunakan porto folio online (edmodo dan lain sebagainya) dan yang menggunakan map untuk mengumpulkan karya siswa.
• Sekolah rajin mengadakan event untuk membuat orang tua siswa punya gambaran yang jelas mengenai kinerja anaknya di sekolah (student led conference dll)

3. Sekolah melatih guru agar bisa berkomunikasi dengan orang tua siswa dengan efektif. Akan sayang jika seorang guru yang mengajarnya bagus namun tidak punya kemampuan menyampaikan perkembangan anak didiknya dengan efektif maka sekolah masih akan dianggap kurang akuntabel

4. Guru dilatih agar punya keterampilan dalam menilai siswa secara autentik. Dengan metode penilaian yang bervariasi maka sekolah akan mendapatkan data terkini yang valid mengenai perkembangan siswanya. Sehingga guru dan sekolah bisa merencanakan pembelajaran serta arah kebijakan dengan baik demi keberhasilan

Sebuah sekolah yang akuntable berarti sekolah yang bisa dipercaya. Serta apa yang menjadi keputusan sekolah bisa mempertanggung jawabkan proses pembelajaran serta hasil dari mutu lulusan yang dihasilkan. Aspek akuntabilitas bukan lah hal yang begitu saja hadir, ia bisa muncul di sebuah sekolah hanya apabila sekolah punya visi dalam memberikan pelayanan atau service yang terbaik kepada orang tua siswa

Iklan

Penulis: agusampurno

Mitra menuju sekolah efektif dan guru profesional

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s