Manajemen sekolah sebagai tulang punggung perwujudan visi dan misi

 

173bfc48c251583788da491e0ce45219

Sebagai sebuah organisasi pembelajar, penting bagi sekolah untuk mempunyai sebuah team yang menjadi suporter bagi perubahan. Mereka adalah manajemen sekolah, sebenarnya  siapa saja yang bisa disebut sebagai manajemen sekolah :

  1. Kepala Sekolah
  2. Wakasek Kesiswaan
  3. Wakasek Kurikulum
  4. Wakasek Humas
  5. Wakasek Sarana Prasarana
  6. Kepala TU atau tata usaha
  7. Koordinator Jenjang
  8. Koordinator BK

Penting bagi team diatas untuk punya bayangan mengenai bagaimana sebenarnya sekolah yang ideal atau sekolah impian itu seperti yang biasa tergambar dalam visi dan misi. Berikut ini adalah gambaran sekolah yang impian dengan 3 faktor utama sebagai kunci.

  1. Punya lingkungan yang nyaman bagi siswa baik dari segi sarana prasarana dan semua yang mendukung kegiatan pembelajaran.
  2. Sekolah jadi tempat mengembangkan warganya untuk menjadi warga negara yang baik dan pembelajar yang tangguh dan berkarakter
  3. Semua komponen di sekolahnya kompak memberi contoh siswanya bagaimana menjadi sosok yang berkarakter dan senang belajar hal baru sesuai dengan bidangnya

ac4729ba38d89b9f7860b89f5915ca35

8 komponen manajemen sekolah diatas diharapkan bisa mewakili suara guru lainnya mengenai bagaimana sekolah impian. Jika 8 elemen diatas sudah mempunyai bayangan saatnya melakukan perubahan. Sebuah perubahan perlu inisiator dan perlu ‘first time follower’ atau pengikut yang pertama kali percaya. Memang pelaksana di lapangan adalah para guru, saat yang sama guru tidak akan pernah melihat kepada kepala sekolah sebagai pimpinannya . Seorang guru akan melihat kepada sesamanya ketika memutuskan berubah atau tidak. Di titik ini peran manajemen sekolah menjadi penting. Manajemen sekolah mesti jadi pihak yang menguatkan sesama guru untuk lakukan perubahan. Sebaik-baiknya perubahan yang paling baik terjadi adalah perubahan secara budaya atau ‘cultural’.

Iklan

2 thoughts on “Manajemen sekolah sebagai tulang punggung perwujudan visi dan misi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s