6 Perubahan yang mesti diantisipasi oleh sekolah sebagai institusi pendidikan

85579eea127470c30ae9f82990c93a55

Di luar dunia persekolahan ada banyak hal yang terjadi, kata perubahan sepertinya sudah jadi makanan sehari- hari dari para pelaku bisnis. Sedihnya sekolah masih melakukan praktek praktek yang sama tanpa sedikitpun terpapar atau masuk ke perubahan yang sekarang sedang menderu deru diluar sana. Semua bidang saat ini sedang melakukan usaha terbaiknya agar bisa bertahan. Dalam dunia persekolahan, dunia sedang memasuki apa yang disebut sebagai era  6 C, yaitu:

  1. Thinking Critically. Berpikir kritis yaitu kemampuan mencerna informasi dengan baik serta menggunakan untuk berbagai kepentingan akademis. Salah satunya membedakan berita hoax atau bukan.
  2. Connectivity. Terkoneksi dan bekerja sama dengan siapa saja demi tujuan yang baik, lintas budaya dan lintas profesi.
  3. Creativity. Berpikir kreatif dan memulai semua hal dengan keingin tahuan serta kemampuan melakukan elaborasi pengetahuan untuk membuat sebuah hal baru.
  4. Culture. Siswa saat ini diminta untuk sadar budaya milik sendiri sekaligus menghargai keragaman dan keunikan budaya lainnya
  5. Collaboration. Kolaborasi adalah hal yang sangat vital untuk dipunyai oleh siswa jaman sekarang ia mesti bisa menjadi anggota team yang baik sekaligus memiliki karakter yang mendukung komitmen untuk selalu berkontribusi yang terbaik bagi masalah yang terjadi disekitarnya.
  6. Communication. Perihal komunikasi adalah hal yang sangat penting di abad ini, penting bagi sekolah agar siswanya bisa menjadi sosok yang efektif dalam berkomunikasi.

Mengharapkan sekolah untuk bisa berubah adalah sebuah keniscayaan. Jalan satu satunya adalah dengan melibatkan manajemen sekolah dan komunitas di sekolah (orang tua siswa dan siswa) sebagai motor perubahan atau menjadikan mereka sebagai sekelompok orang yang bersedia pertama kali melakukan perubahan.

Apakah manajemen di sekolah anda termasuk mereka yang bersedia pertama kali berubah atau malah lambat saat diajak untuk berubah? mari berdikusi melalui kolom komentar.

Iklan

Penulis: agusampurno

Mitra menuju sekolah efektif dan guru profesional

2 thoughts on “6 Perubahan yang mesti diantisipasi oleh sekolah sebagai institusi pendidikan”

  1. Perubahan masih menjadi makhluk menyeramkan untuk bbrp manajemen sekolah, Pak. Ketimbang fokus pada apa yg mungkin mereka dapatkan kemudian, mereka lebih takut pada apa yg mungkin hilang. Padahal, nothing lasts forever, kan ya..

  2. Perubahan memang tidak mudah, jadi ingat caption film lion king
    Rafiki: “Change is good.” | Simba: “Yeah, but it’s not easy.” –The Lion King

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s