Saat mengarahkan perubahan di sekolah, seorang kepala sekolah mesti punya kemampuan memimpin (lead) dan bukan sekedar kemampuan mengelola (manage). Manajemen sekolah yang menjadi bawahannya langsung pun adalah juga sekelompok orang yang mesti punya kemampuan memimpin dan menjadi follower (pengikut yang supportif).
Peran kepemimpinan seperti apa yang kepala sekolah mesti miliki dalam menghadapi tantangan abad 21 ini?
- Kepala sekolah mesti bisa berperan sebagai pemimpin dan bukan sekedar boss. Ada banyak perbedaan diantara dua hal diatas. Pemimpin yang baik menginspirasi, memberi contoh dan terampil melakukan coaching dan umpan balik
- Kepala sekolah punya kepentingan untuk melejitkan potensi setiap orang yang ada di team nya. Kepala sekolah sadar betul bahwa kerja team sangat penting diatas segalanya
- Kepala sekolah adalah orang yang terampil mengelola perubahan, ia memulai dari apa yang sekolah punya, sekolah mampu dan sekolah bisa. Ia tidak memulai semua dari awal namun membuat semua komponen yang ada bisa bertumbuh.
- Kepala sekolah adalah seorang pemimpin yang memberikan kesempatan semua orang untuk berusaha menjadi lebih baik sebagai pembelajar dengan menyediakan atmosfir yang aman bagi guru dan siswa sebagai pembelajar.
- Pandai mendelegasikan sekaligus memberikan kesempatan dan kepercayaan bagi staff nya untuk berkembang
- Bersedia mengambil resiko akan perubahan dan bersedia mensejajarkan sekolahnya dengan perkembangan jaman
- Berorientasi penuh pada proses belajar mengajar dan penilaian yang autentik serta menjadikan proses pembelajaran di sekolahnya terus berkembang dengan guru profesional sebagai pelaksananya
- Transparan dan akuntable dalam mengelola sekolahnya, ia menjadi sosok yang mmberi contoh dalam hal transparansi sekaligus mengajak semua komponen di sekolahnya untuk bersedia membuka diri semua data yang merupakan data publik.