5 Ciri kepala sekolah SMK yang menginspirasi

inovasi
Ilustrasi Foto

Cerita ini adalah mengenai seorang kepala sekolah SMK yang hebat. Saya mendapatkan cerita ini dari teman baik yang terinspirasi olehnya. Kepala sekolah di SMK yang ditemui rekan saya ini adalah sosok yang tak ubahnya seorang CEO. Ia menjadi nakhoda serta pelaksana visi dari jalannya sekolah yang ia kepalai dan pertanggung jawabkan pada dinas pendidikan.

Apa bedanya kepala sekolah ini dari kepala sekolah SMK lainnya:

  1. Buatnya ukuran keberhasilan seorang kepala SMK adalah seberapa baik dunia usaha di daerahnya mengenalnya
  2. Senang menantang staffnya dengan memberangkatkan kunjungan ke luar negeri, dan selalu dikirim ke negara yang punya tatanan masyarakat yang dianggap maju dari segi kultur. Dana ia dapatkan dari kerja sama dengan dunia usaha.
  3. Ia tidak mau sekolahnya hidup dari dana BOS, buatnya SMK mesti hidup dari kerja sama dengan dunia usaha.
  4. Urusan administrasi ia serahkan pada bawahannya saat yang sama ia lakukan pendelegasian tugas dengan baik dan terkontrol.
  5. Pembawaan dan cara membawakan dirinya bukan seperti birokrat namun mirip mereka yang ada di dunia usaha. Ini penting karena target beliau adalah dunia usaha mau kerja sama dengan sekolahnya. Untuk itu ia merasa bahwa dunia usaha mesti didekati dengan pendekatan yang duduk sama rendah, berdiri sama tinggi.

SMK punya peran yang sangat strategis sekarang, saat yang sama angka pengangguran justru banyak yang berasal dari lulusan SMK. Sebuah tanda tanya besar. Untuk itu diperlukan kemauan dan usaha dari segenap kepemimpinan sekolah untuk mau melakukan semua hal yang mungkin dan bisa demi dekatkan siswanya pada dunia usaha.

Jika sekolah mau sebenarnya bisa terapkan pendekatan pembelajaran berbasis proyek. Dimana sekolah menempatkan siswanya sebagai inovator sekaligus kolaborator dengan semua pihak, tentunya dengan bimbingan guru. Dalam penerapannya jika semua guru menggunakan pendekatan ini maka sebuah SMK akan menjadi semacam ajang pembibitan bagi tenaga siap pakai dimana siswa secara langsung berhadapan dengan proses dan problem di dunia kerja. Dari mana siswa dapatkan situasi itu, tiada lain tiada bukan dikarenakan peran kepala sekolah yang siap tempur memajukan dan mendekatkan sekolahnya dengan dunia kerja dan usaha. Ia menjadi seorang ‘lead learner’ dari proses yang terjadi di kelas-kelas di sekolahnya, mengabarkannya pada dunia usaha sekaligus meyakinkan mereka bahwa SMK nya lah tempat yang cocok sebagai dijadikan mitra dalam bekerja sama

Anda guru atau kepala sekolah SMK? menurut anda apa tantangan terbesar dalam menjadikan SMK sebagai tempat bagi siswa untuk melakukan inovasi?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s