2 manfaat luar biasa guru dan kepala sekolah berbagi pengetahuan melalui kegiatan menulis

CLV1k_nWgAA6SOm

Banyak praktisi pendidikan yang pandai, cerdas dan cekatan yang menulis. Kebanyakan dari mereka menulis di status updates mereka di akun facebook miliknya atau akun organisasi guru yang mereka ikuti. Beberapa kemudian terlibat debat, saling mengomentari atau ikut larut dalam status yang dibuat orang lain. Luar biasa energi yang terpakai, karena saya pun pernah mengalami. Sayangnya segala butiran pengetahuan yang tertulis terhalang oleh peraturan facebook sehingga tidak bisa terindeks mesin pencari google. Sehingga segala perdebatan kelas tinggi di laman facebook kita tidak bisa dibaca langsung dengan cepat oleh orang lain.

Saatnya meninjau manfaat menulis bagi para praktisi pendidikan, guru dan kepala sekolah serta siapapun yang peduli pendidikan.

1. Dengan menulis guru/kepala sekolah tak akan pernah kehabisan ‘insight’ sebab rumus menulis bagi praktisi pendidikan adalah:

– ia menuliskan pengalamannya dan apa yang ia sudah lakukan atau refleksi masalah yang ia hadapi
– ia menuliskan apa yang ia rasakan sebagai masalah dalam pekerjaannya
– ia kemudian mencari tahu mengenai bagaimana solusi, lewat riset sederhana di internet dan hasil diskusi dengan orang sekitar.
– ia mengakhiri tulisannya dengan solusi dan ajakan bagi yang membaca untuk bisa terhindar dari masalah yang ia alami atau sekaligus ajakan untuk kembali bersemangat menapaki dunia pendidikan.

2. Dengan menulis dan membiasakan menulis (dengan singkat, padat  dan jelas yang mencerminkan refleksi) seorang pendidik akan jadi sosok yang bertumbuh dan belajar merefleksikan diri dari pengalamannya berkecimpung dalam dunia pendidikan. Ia akan jadi sosok yang berorientasi action dan terhindar dari kebiasaan menunda-nunda karena ia sadar bahwa keberhasilan yang besar berawal dari keberhasilan yang kecil-kecil.

Bayangkan jika hal ini bisa terjadi dan dilakukan oleh para pendidik kita. Dengan kecanggihan media sosial saat ini sekali seorang pendidik memposting tulisan di blog misalnya maka ia bisa otomatis juga hadirkan postingannya di facebook, twitter, instagram dan akun Linkedin miliknya. Semua serba gampang cepat dan tulisannya langsung ‘menggaung’di secara cepat di dunia  online. Secepat kilat sesama guru bisa membaca dan mengambil manfaatnya. Tulisan yang sudah ditulis itupun akan menempel lama di internet dan bisa diakses kapan saja dimana saja oleh mereka yang punya minat terhadap pendidikan. Saya yakin jika pendidik sadar betul nuansa saling berbagi ini makin semangatlah mereka berbagi.

2 thoughts on “2 manfaat luar biasa guru dan kepala sekolah berbagi pengetahuan melalui kegiatan menulis

  1. Keren mas isi blognya. walau tidak semua saya baca, tapi membuat saya penasaran tentang beberapa hal diawal saya membacanya. Lanjutkan!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s