Classroom make over di SD Juara Kebagusan Jakarta Selatan

2 jan 2016

Sebuah display adalah sebuah ucapan selamat datang bagi siswa dan orang yang berkunjung ke suatu kelas. Dengan adanya display siswa merasa nyaman dan hangat merasa ada di tempat dimana karya-karyanya dipajang dan diberi umpan balik. Sebuah display adalah bentuk lain dari cara guru menghargai siswanya dan memaknai karya anak muridnya. Bersama guru-guru yang bersemangat dari SD Juara, Ibu Nunu Sampurno hadir menyemangati dan memberikan panduan langsung tentang bagaimana membuat aspek fisik dari sebuah kelas diberdayakan dan dijadikan komponen yang menunjang pembelajaran siswa di kelas.

Selama sehari penuh guru-guru SD Juara binaan dari lembaga Rumah Zakat berpraktek lamgsung bersama Ibu Nunu Sampurno untuk membuat display kelas yang memenuhi standar sebagai berikut:

  • Teknik : dari mulai warna, mounting yang bermacam-macam, mobile, labeling & lettering, membuat space display dll.
  • Dalam pelaksanaannya display erat hubungannya dengan seni visual sehingga untuk pelaksanaan tersebut kita dituntut membuat sesuatu yang indah dan menarik.
  • Display yang dilaksanakan saat workshop adalah mendisplay hasil karya anak-anak dengan bantuan creativitas kita sebagai guru pendisplay.
  • Seperti kita ketahui display adalah mempertunjukkan hasil karya anak didik kita untuk di lingkungan tempat sendiri atau untuk dipertontonkan pada lingkungan terbatas.
  • Namun persiapannya sama saja seperti kita akan menyelenggarakan pameran/ pagelaran. Persiapan tersebut adalah : Hasil karya anak-anak – Segala macam peralatan seperti : kawat/benang, paku dan palunya, stapler dan slaplesnya, lem, scot tape/mesking tape, paku payung-jarum pentul, bermacam-macam kertas dan pewarna, dsb.

IMG_3331
Guru yang bersemangat setelah pelatihan berlangsung 
IMG_3333
Guru melakukan arisan display

Setelah workshop guru menjadi semakin semangat untuk menampilkan pekerjaan siswa secara profesional dan terorganisasi dengan baik menunjukkan bahwa upaya dan prestasi mereka diakui oleh komunitas sekolah. Ada hal yang menarik dari workshop ini setelah workshop berakhir guru mengadakan ‘arisan display’ untuk secara bergotong royong  guru-guru membantu kelas demi kelas agar ruangan menjadi semarak dan bermakna sekaligus menyenangkan untuk dipakai sebagai tempat belajar.

ADA SEBAGIAN GURU YANG MERASA BAHWA TUGAS UTAMANYA HANYA MENGAJAR, SEMENTARA URUSAN DISPLAY TIDAK TERLALU PENTING. BAGAIMANA MENURUT ANDA? YUK BERBAGI LEWAT KOLOM KOMENTAR

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s