5 jenis kelas berdasarkan tingkat kebisingan dan solusinya

original-293843-1 57c20d07256bf0cd49eca88fbe12a045

Dalam hal suara di kelas ada beberapa istilah dalam bahasa Indonesia yang bisa menerangkan. Ada istilah kelas yang ribut, kelas yang gaduh, kelas yang riuh, kelas yang berdengung dan kelas yang sunyi. Bahasa adalah soal rasa, perlu jam terbang  untuk bisa membedakan. Saya akan coba membantu anda mengasah rasa dalam soal bahasa.

Kelas yang ribut adalah kelas yang tidak ada aturan, dengan demikian suara yang ditimbulkan dari kelas seperti ini adalah suara yang tidak beraturan (ribut). Suara bersahut-sahutan. Biasanya hal ini dimulai dari guru yang senang memotong kata saat menjelaskan. Seperti misalnya, “anak-anak kita semua tinggal di negaraaa trooo..? Lalu siswa meneruskan pissssssss.

Kelas yang gaduh adalah kelas yang menghasilkan suara yang bercampur antara suara siswa bersahut-sahutan dan  suara pergerakan siswa selama di kelas. Biasanya karena ukuran siswa yang banyak, bangku meja yang besar membuat siswa sulit untuk bergerak. Siswa yang tidak sabar memilih untuk naik ke bangku atau meja saat bergerak.

Kelas yang riuh adalah kelas yang kedatangan guru yang pandai melucu atau membuat siswa tertawa karena humornya. Kelas yang riuh sering membuat orang salah paham, dikarenakan sepertinya kelas yang baik adalah kelas yang seperti itu, padahal tidak selalu. Jika riuhnya kebangetan maka kelas akan berubah menjadi kelas yang ribut. Apalagi jika kelas sudah mulai mengganggu kelas yang lain.

Kelas yang berdengung, ini adalah kelas yang menurut saya adalah kelas yang ideal. Kelas yang ideal adalah kelas yang produktif dalam mengerjakan pekerjaan yang guru rancang dan instruksi yang guru minta.  Kelas yang berdengung berarti kelas yang  hampir pasti ada kesepakatan dan ada aturan yang ditegakkan. Siswanya pun tahu bagaimana bersuara di dalam dan di luar ruangan.

Kelas yang sunyi biasanya terjadi karena guru mendadak memberikan soal ulangan untuk dikerjakan, siswa jadi panik kasak kusuk. sayangnya ada guru yang menikmati adegan ‘penyiksaan intelektual’ ini. Apalagi jika kelas yang sunyi adalah kelas yang biasanya ribut gaduh. Kelas yang sunyinya seperti ini biasanya diluar suasana tes atau ulangan adalah kelas yang ribut.

Voice-O-Meter-preivew

Solusi umum menuju kelas yang sehat alur komunikasinya.

  • Kelas mesti punya aturan yang jelas mengenai arah komunikasi.
  • Cara yang paling sederhana guru mesti hindari cara menerangkan dengan memotong-motong kata.
  • Guru berlakukan aturan siapa yang mau bertanya atau berbicara mesti mengangkat tangan. Jika diawal-awal ada anak yang suka menggoda guru dengan mengangkat tangan padahal mau minta izin ke toilet, guru mesti sabar.
  • Berlakukan waktu 6 minggu pertama yang kritis, artinya selama 6 minggu pertama sejak diberlakukan aturan guru mesti sabar untuk membiasakan siswa
  • Guru perkenalkan suara dalam ruang dan suara luar ruangan, di dalam kelas misalnya tidak boleh siswa berteriak.
  • Guru sabar untuk memastikan siswanya diam ketika ia ingin berbicara. Memaksakan berbicara padahal  siswa masih ribut akan menghabiskan energi

3 thoughts on “5 jenis kelas berdasarkan tingkat kebisingan dan solusinya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s