Kalahkan administrasi kelas! anda pasti bisa

productivity-tips productivity

Administrasi kelas ada banyak macamnya. Rata-rata guru mengaitkannya dengan RPP, rapor dan penilaian. Menjadi guru adalah profesi yang membuat individu yang menjalankannya seperti menjalani profesi selama 24 jam. Dikarenakan pikiran mengenai murid sering hadir, bahkan ketika si guru sudah pulang mengajar dan menjelang tidur. Ada banyak guru (termasuk saya) yang merasa bahwa pekerjaan sebagai guru tidak ada habisnya.

Sebenarnya guru yang baik dan profesional bukan guru yang sibuk membawa pekerjaan ke rumah dan mengabaikan kehidupan pribadinya. Guru yang profesional justru guru yang bekerja pada jam kerja dan menjalani kehidupan pribadi tanpa rasa bersalah. Bagaimana cara mengalahkan administrasi kelas yang menggunung, apalagi bagi anda guru bidang studi yang mengajar murid yang banyak. Berikut ini tipsnya

Pada saat membuat RPP dan alat bantu mengajar.

  • Silahkan meniru atau menggunakan RPP orang lain (diawal-awal, jika anda belum percaya diri), bagi anda guru lama dan baru silahkan lakukan prinsip ATM (Amati Tiru dan Modifikasi). Syaratnya tuangkan pengalaman setelah mengajar dengan menyertakan kolom refleksi di RPP yang anda gunakan. Pertanyaannya untuk memandu proses refleksi adalah ‘Apa yang sudah berhasil’, ‘Apa yang belum berhasil’ dan ‘Saran untuk perbaikan selanjutnya’.
  • Simpan RPP anda dalam bentuk cetak dan file dokumen di komputer. Agar lebih aman lagi unggah RPP anda di google drive dijamin tidak akan hilang atau terkena virus. Jika diperlukan untuk administrasi tinggal dicetak saja.
  •  RPP yang dilaksanakan dan diberikan refleksi akan menghemat waktu anda dalam membuat RPP dari awal karena anda hanya perlu memodifikasi saja berdasarkan RPP yang sudah anda laksanakan.
  • Hindari membuat semua dari awal lagi. Anda tidak akan jadi guru yang tidak profesional jika membuat sesuatu yang sudah pernah anda lakukan di tahun ajaran  lalu. Asalkan selalu ada modifikasi. Simpan dan dokumentasi semua karya siswa anda yang bagus. Lumayan sebagai alat peraga dan menjadi acuan target siswa anda

Done is better than perfect

  • Sebagai seorang guru profesional ada banyak sekali godaan untuk membuat sesuatu menjadi sempurna, bagus dan dikagumi orang. Percayalah itu godaan yang menyesatkan, yang ada anda cuma akan jadi orang yang mengumpulkan administrasi di akhir waktu dan dikejar-kejar kepala sekolah.
  • Selalu beri jarak waktu 2 hari sebelum dead line.2 hari sebelum dead line tugas anda harus sudah selesai.  Saat anda selesai, anda masih punya waktu untuk mengecek dan melakukan refleksi kepada mutu pekerjaan anda sendiri sambil membandingkan dengan pencapaian orang lain.

Saat raportan adalah saat yang genting.

  • Lewat kurikulum 2013 departemen pendidikan nasional memberikan amanat untuk membua rapor bertipe narasi. Sebuah usaha yang besar bagi seorang guru dalam membuat narasi rapor menjadi alat umpan balik yang efektif dalam menilai prestasi dan kinerja siswa. Untuk itu biasakan membuat anekdotal record mengenai hal apa saja yang terjadi di hari anda mengajar. Jika anda ingin membuat narasi maka dengan cepat anda tahu karakter khusus setiap murid dan bagaimana cara memberi umpan balik yang positif dan efektif.

Atur waktu dan tempat saat ingin mengerjakan administrasi.

  • Beberapa guru yang kenal, punya kebiasan yang unik saat ingin menghabiskan target administrasi kelasnya yaitu dengan berada di kelas yang kosong atau kelasnya sendiri setelah jam pelajaran berakhir sebelum pulang. Ia baru akan muncul di ruang guru ketika pekerjaannya sudah selesai. Berada di ruang yang sunyi akan membuat sebagian orang bekerja lebih cepat.
  • Gunakan head set saat terpaksa bekerja di ruang guru. Ada beberapa sekolah yang unik, mereka menaruh televisi besar di ruang guru. Mirip instansi bank atau kelurahan. Jika terpaksa mesti bekerja diruang seperti itu gunakan headset, putar lagu atau pengajian di telinga jika ingin tenang dan terhindar dari kewajiban melayani obrolan orang lain di ruang guru.
  • Jadwalkan berapa lama anda perlu waktu ketika mengerjakan sebuah pekerjaan administrasi kelas. Anda hanya kosong 1 jam (60 menit)  setelah mengajar? Pastikan anda memilih pekerjaan yang bisa dikerjakan dalam jangka waktu 35 menit, sisanya gunakan waktu untuk bersantai sejenak, makan minum atau ke toilet baru kemudian tekun bekerja kembali dan stop ketika 10 menit menjelang waktu mengajar tiba agar anda sudah sampai di depan pintu kelas saat jam pelajaran anda tiba.
Posted in Tak Berkategori

One thought on “Kalahkan administrasi kelas! anda pasti bisa

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s