Tulis refleksi pada RPP anda setelah digunakan, jadilah guru yang reflektif

reflective practice 3

Refleksi adalah sebuah cara bagi seorang guru untuk melihat sejauh mana ia sudah berpraktek dengan baik sebagai pendidik.

reflective practice 4

Banyak guru mengeluh soal kewajiban administrasi yang banyak saat menjalani karir sebagai guru. Padahal semua berakar dari ada tidaknya kebiasaan reflektif.

Bayangkan situasi ini:

Seorang guru merencanakan sebuah pembelajaran untuk dua jam pelajaran dalam bentuk RPP. Ia masuk kelas dan mulai mengajar, waktu berlalu dan banyak kejadian pada saat ia mengajar. Kejadiannya bervariasi dan kebanyakan kesemuanya bisa diambil kesimpulan bahwa pembelajarannya hari dan jam itu tidak berhasil. Meleset target dan sebagai guru ia tidak puas. Sebagai manusia biasa ia akan berusaha melupakan apa yang terjadi hari itu. Memang buat apa mengingat ingat hal yang tidak enak. Jadi lebih baik lanjutkan mngajar, toh tidak setiap hari kegagalan terjadi.

Sebaliknya

Suatu hari saat guru mengajar, ia merasakan hal yang luar biasa, semuanya berjalan lancar dan ia merasa sangat berhasil sebagai guru.

Kedua kejadian diatas adalah situasi yang sangat normal sebagai seorang guru. Adakala seorang guru berhasil dan adakalanya ia merasa tidak terlalu sukses dalam  pengajarannya. Praktek mengajar sebenarnya adalah praktek berulang yang memerlukan sikap reflektif seorang guru sebagai aktor pelaku di lapangan. Jika seorang guru pandai memaknai setiap kejadian yang ia lalui di kelas maka setiap tahun ajaran berakhir, ia akan menjadi sosok yang makin lama makin baik cara mengajarnya.

Bagaimana cara memaknainya? Cara terbaik dan sangat gampang untuk dilakukan adalah dengan menuliskan refleksi dari ‘perjalanan’ mengajarnya setiap hari.Di setiap lembar RPP buatlah kolom baru yang disebut sebagai kolom refleksi. Kolom tersebut akan berisi point-point apa  hal yang sudah berhasil dan apa yang belum.

Kolom refleksi bisa berisi:

  • Apa yang sudah berhasil
  • Apa yang belum berhasil
  • Saran untuk perbaikan selanjutnya.

RPP adalah sebuah kompas yang mengarahkan arah pembelajaran guru di kelas yang ia ampu.  Tanpa sebuah kompas maka ia akan tersesat. Kolom refleksi pada RPP bertugas mencatat hal apa saja yang ia rasakan dan lalui saat berusaha mencapai tujuan.

Dengan rutin menulis refleksi, guru akan melalui tahun mengajarnya dengan baik, selamat dan sehat dikarenakan ia belajar dari pengalaman.  RPP nya pun berbunyi dan bisa menyampaikan hal apa yang mesti ditingkatkan ketika tahun ajaran berikutnya sampai dan ia mesti menggunakan RPP yang sama.  Di RPP yang sudah ada terisi kolom refleksinya itu ia akan berhati-hati untuk tidak ulangi salah yang sama dan mencoba untuk lebih kreatif lagi dari tahun sebelumnya.

Selamat menjadi guru yang reflektif

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s