14 tanda bahwa kelas yang anda ajar monoton

level-of-engagements

Tidak ada guru yang yang ingin kelasnya menjadi kelas yang monoton. Jika boleh meminta setiap guru ingin kelasnya isinya adalah siswa yang baik, pintar secara akademis, punya karakter dan aktif saat gurunya mengajar. Jika boleh meminta maka guru juga akan meminta murid yang punya perhatian dan perasaan empati pada gurunya, ketika gurunya terlihat capek maka murid akan diam tidak bertanya dan menurut. Semantara jika gurunya terlihat segar dan siap mengajar maka siswa akan aktif seaktifnya, bertanya terus menerus pada gurunya.

Namun mengajar bukan soal keinginan guru. Mengajar di kelas adalah masalah kesiapan guru lewat perencanaan dan sikap reflektif belajar dari pengalaman sebelumnya. Hanya dengan kedua hal tadi guru akan berhasil di kelas.

Kembali lagi kepada judul diatas, guru sering tak sadar jika kelasnya sudah menjelma jadi kelas yang monoton. Beberapa hal dibawah ini menjadi tanda bahwa kelas anda adalah kelas yang monoton.

  1. Kelas anda hanya punya satu model dalam hal metode pembelajaran, metode komunikasi dan tingkat kebisingan. Bayangkan sebuah kelas yang ribut terus dan gurunya berceramah terus, atau kelas yang sepi terus, gurunya saja yang berbicara (itu juga kalau didengar) murid tenang bukan karena perhatian tapi karena malas dan skeptis.
  2. Anda lupa kapan terakhir memuji siswa. Siswa dipuji hanya pada saat pengambilan rapor (bagi yang baik nilainya) sementara murid yang biasa saja atau murid yang lambat jarang sekali atau bahkan tidak pernah dipuji.
  3. Tempat duduknya hanya berbanjar kebelakang. Murid yang pintar duduk didepan,  murid yang lambat belajar malah dibelakang
  4. Temboknya kosong tanpa pajangan, kalaupun ada hanyalah foto presiden atau beberapa foto pahlawan.
  5. Guru mengajar dengan kendalikan buku teks, guru akan marah sekali jika siswa tidak membawa buku teks.
  6. Pekerjaan siswa hanya menghabiskan atau menyelesaikan mengerjakan LKS
  7. Metode pembelajarannya hanya mengandalkan ceramah yang bersifat satu arah.
  8. Guru sering mengeluhkan siswanya, sebaliknya siswa tidak peduli pada gurunya.
  9. Seisi kelas melihat jam dinding menjelang jam istirahat atau jam pulang
  10. Guru hanya duduk dimejanya sepanjang jam pelajaran
  11. Semua siswa, baik yang cepat daya tangkapnya sampai yang lambat daya tangkapnya mengerjakan hal yang sama. dan mengerjakan lembar kerja yang sama
  12. Kelas tidak memungkinkan siswa untuk bekerja dalam kelompok
  13. kelas bernuansa masa lalu tidak ada penggunaan teknologi digital
  14. Siswa tidak punya bayangan kegiatan yang ia akan lakukan dari menit ke menit, dengan demikian siswa merasa mesti minta persetujuan guru terus menerus.

Empat belas tanda diatas bisa dihindari jika guru mengajar dengan hati yang diramu dengan strategi. Dijamin kelas akan kondusif dan bernuansa mengedepankan potensi siswa.

2 thoughts on “14 tanda bahwa kelas yang anda ajar monoton

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s