Sembilan tanda kelas yang fokus

prioritaspendidikan.org
prioritaspendidikan.org

Semua orang yang peduli pendidikan pasti bisa mengenali mana kelas yang hidup, fokus dan mana kelas yang monoton. Kelas yang hidup bisa membuat siswa fokus. Sebaliknya kelas yang monoton akan membuat siswa bosan. Kenali tanda-tanda sebuah kelas yang fokus dibawah ini, sangat berguna dalam membuat anda lebih semangat dalam mengajar dan belajar untuk jadi guru yang baik.

Tanda kelas yang fokus adalah:

  1. Suasana kelasnya kadang riuh kadang tenang. Tenangnya tidak membuat siswa ngantuk, sementara riuhnya tidak sampai membuat kelas sebelah merasa terganggu.
  2. Guru dengan sekejap bisa membuat kelas diam. Tidak dengan bentakan apalagi teriakan atau ketukan keras di papan tulis. Siswa dan guru punya kesepakatan agar siswanya bisa diam dan tenang dalam sekejap.
  3. Guru berperan seperti sutradara. Ia mengatur kapan siswanya mesti mendengarkannya, kapan siswa mesti bekerja dalam kelompok, kapan siswanya bersenang-senang lewat permainan dan kapan siswanya melakukan tugas individu.
  4. Siswa mengerti apa yang mesti ia lakukan. Guru hadir dengan alat bantu mengajar yang membuat siswanya terbantu dalam mengerjakan serta terbantu untuk menjadi semakin mengerti.
  5. Siswa dimainkan perasaannya dan ditantang untuk jadi lebih baik. Guru sibuk memberi arahan lewat soal yang tidak sulit namun menantang. Guru memadukan antara pembelajaran yang memadukan sisi ‘hands on’, ‘minds on’ dan ‘hearths on’.
  6. Siswa merasa dihargai. Jika sebuah kelas lalai menghargai anggotanya maka situasi akan mengarah pada situasi yang pasif atau itu-itu saja murid yang aktif. Caranya guru mesti kenali betul mana siswa yang pemalu, pendiam dan mana siswa yang aktif tanpa mengutamakan salah satunya atau merendahkan. Dijamin kelas anda akan fokus karena siswa senang belajar.
  7. Siswa tahu dan mengerti prosedur. Saat guru masuk siswa tahu mesti menyiapkan apa dan melakukan apa. Begitu juga saat selesai. Siswa tahu mesti membereskan barang atau melakukan gerakan merapihkan apa yang sudah mereka lakukan.
  8. Kelas dimulai dan diakhiri tepat waktu. Guru sadar betul bahwa waktu siswa berharga dan punya keterbatasan dalam berkonsentrasi dan tidak semua siswa punya minat yang sama terhadap pelajaran yang ia ajarkan. 5 menit sebelum jam mengajar ia sudah ada di kelas dan 10 menit sebelum jam pelajarannya habis ia ada sudah melakukan persiapan untuk mengakhiri.
  9. Kelas bagaikan tidak ada gurunya. Guru yang berhasil membuat siswanya fokus akan membuat kelasnya terasa tidak ada gurunya, hal ini dikarenakan kelas berjalan tanpa paksaan dan semua senang melakukan apa yang gurunya minta, karena menantang dan seru untuk dilakukan.

Jika guru mengerti bahwa fokus di kelas adalah hal yang penting maka ia akan melakukan segalanya agar rasa dan perhatian siswa terhadap pelajarannya didapat dengan sukarela dan atas dasar strategi.

One thought on “Sembilan tanda kelas yang fokus

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s