Memperkuat kelemahan siswa atau memupuk apa yang menjadi kekuatan siswa, mana yang anda pilih ?

e8c6276f60fecb50cb4a609f125bc7d7

Di sekolah anda ada eskul? Selamat jika ada. Karena dijaman dunia
hiburan dan olah raga berjaya seperti sekarang ini, akan banyak siswa
kita yang nantinya akan sukses dengan aktivitas yang berhubungan
dengan hobi dan kesukaan. Lalu bagaimana dengan aspek akademis? Aspek
akademis tetap penting, sama pentingnya dengan aktivitas tambahan atau
hobi yang digeluti siswa. Di tengahnya ada bagaimana sekolah dan guru
memupuk katakter-karakter baik yang akan membuat segenap potensi siswa
bersinar saat sekarang dan dewasa nanti.

Saat saya katakan pernyataan diatas yang menjadi judul dari tulisan
ini ada banyak pendapat yang berkaitan dengan pernyataan diatas

Pendidik yang setuju dengan pernyataan ‘memperkuat kelemahan siswa’ beralasan

1. Tugas sekolah dan guru untuk memperkuat siswa di segala bidang
(akademis dan non akademis)
2. Siswa belum tahu apa yang menjadi kelemahan dirinya, tugas guru
lah yang menemukannya, mengatakannya pada siswa yang bersangkutan dan
membenahi dengan segala cara.
3. Fungsi sekolah adalah membenahi  apa yang menjadi kelemahan siswa,
jika itu tidak dilakukan sekolah maka fungsi sekolah menjadi hilang
atau berkurang

Pendidik yang berpendapat seperti ini dalam pengamatan saya mempunyai:
1. Gaya manajemen kelas yang ‘ketat’
2. Orientasinya kebanyakan hanya ke bidang akademis
3. Mengartikan tugas dan fungsi guru adalah untuk ‘memberitahu’

Pendidik yang setuju dengan pernyataan ‘ memupuk apa yang menjadi
kekuatan siswa’ beralasan

1. Lebih mudah memupuk kekuatan dibanding mencari kelemahan lalu memperkuatnya
2. Semua elemen yang ada di sekolah adalah manusia biasa yang punya
kelemahan dan kekuatan.
3. Semua individu lebih suka untuk dinilai kekuatannya dari pada
dicari kelemahannya
4. Hanya guru yang bekerja dengan hati yang mempunyai hasrat untuk
memulai dari kekuatan siswa daripada kelemahan.

Pendidik yang berpendapat seperti ini dalam pengamatan saya mempunyai:
1. Gaya manajemen kelas yang demokratis
2. Orientasinya terbagi dua bidang akademis dan non akademis
3. Mengartikan tugas dan fungsi guru adalah untuk  memfasilitasi rasa
ingin tahu siswa dan membantu siswa menemukan hal yang menjadi
ketertarikan atau interest mereka.

Bagaiamana dengan anda sebagai pendidik? Pernyataan mana yang anda pilih.

Posted in Tak Berkategori

6 thoughts on “Memperkuat kelemahan siswa atau memupuk apa yang menjadi kekuatan siswa, mana yang anda pilih ?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s