Apa yang membuat sekolah anda spesial di mata masyarakat?

Sering-seringlah punya pertanyaan seperti ini di dalam hati. Sebagai pemimpin seorang kepala sekolah mesti punya cara untuk memotivasi dirinya sendiri dan anggota teamnya. Salah satunya dengan memberikan pertanyaan yang menantang seperi diatas.

Jangan kaget jika jawabannya beragam, apalagi jika ditanyakan pada staf yang skeptis dan tidak punya ‘passion’ dalam mendidik. Jika menjawab pun maka persoalan fasilitaslah yang paling dikedepankan. Hal yang sama akan muncul jika pertanyaan ini ditanyakan pada orang tua siswa, mungkin kebingungan lah yang akan muncul. Hal ini wajar dikarenakan tipe orang tua siswa yang bermacam-macam, dan yang paling penting untuk mereka adalah kemudahan pencapaian secara lokasi, baru masalah lainnya.

Ada beberapa derajat atau tingkatan dalam menentukan seberapa spesial sebuah sekolah dimata masyarakat. Saya akan memulai dari yang paling rendah dari yang paling tinggi.

  • Sebuah sekolah menjadi spesial karena gratis dan jaraknya dekat dengan pemukiman. Sekolah tipe seperti ini menjadi spesial dikarenakan masyarakat tidak punya pilihan lain. Mau ke sekolah lain jauh dan pastinya memerlukan pengorbanan yang tidak sedikit dalam soal waktu dan biaya. Pihak sekolah mesti bekerja keras karena input siswa yang masuk biasanya beragam. Sekolah tipe seperti ini biasanya dimiliki oleh pemerintah yang memang mempunyai tugas menyediakan pendidikan bagi masyarakat. Pihak orang tua siswa sering tidak punya hak untuk mengawasi jalannya sekolah dikarenakan pihak sekolah merasa karena sekolahnya sudah gratis maka pihak orang tua siswa mesti menerima saja ‘sajian mutu’ yang sekolah berikan kepadanya

  • Sebuah sekolah spesial karena harganya terjangkau. Jika sebuah sekolah menjadi  spesial karena  hal ini, maka pihak sekolah mesti berhati-hati dalam pengelolaan keuangan karena pihak orang tua siswa masih akan meminta mutu yang baik dari pihak sekolah. Uniknya keadaan ini juga (rendahnya pemasukan dari siswa) yang biasanya malah membuat pihak sekolah lalai dalam melakukan kreativitas karena merasa terbentur biaya. Hal ini biasanya terjadi di sekolah swasta.
  • Sebuah sekolah menjadi spesial karena uang masuk dan SPP nya yang mahal. Ukuran mahal memang relatif, namun dengan mudah orang tua siswa dan guru bisa lakukan perbandingan dengan program yang disajikan oleh sekolah dengan harga atau biaya yang  diminta. Sekolah tipe seperti ini getol meminta atau menaikkan SPP dan uang bangunan. Karena memang hanya soal bangunan saja yang jadi fokus pengembangannya. Akibatnya masalah program, pengembangan SDM, kesejahteraan pendidik dan sumber belajar siswa, akan tertutup oleh keinginan si pemilik sekolah untuk membangun dan membangun gedung atau mengembalikan uang milyaran yang sudah terlanjur dipinjam ke bank . Orang tua siswa yang memasukkan anaknya ke sekolah ini biasanya berasumsi bahwa sekolah yang baik adalah yang gedungnya bagus. Padahal justru disitu lah jebakannya. Sekolah yang hanya mengutamakan gedung yang bagus namun lalai mengembangkan program akan berbuah pada kepelitan dalam pembiayaan program pengembangan proses belajar mengajar. Padahal apa artinya sebuah gedung sekolah yang mewah, bersih, mahal tapi nuansanya seperti kantor atau bahkan hotel yang sama sekali jauh dari keriuhan dan kemeriahan sebuah sekolah lengkap dengan programnya.
  • Sebuah sekolah menjadi spesial karena merupakan sekolah khusus agama tertentu. Sekolah tipe seperti ini akan diminati oleh tipe orang tua siswa yang mengutamakan pendidikan agama. Pihak sekolah mesti terus meningkat mutu pengajaran ritual agama (ibadah) dan yang tidak kalah penting adalah pelaksanaannya dalam kehidupan sehari-hari.  Jika sekolah dianggap spesial dikarenakan hal ini , maka penting sekali untuk membuka diri pada kritik, saran atau masukan dari orang tua siswa yang boleh jadi punya pemahaman agama yang ‘keras’ dan ‘hitam putih’. Untuk itu pihak sekolah mesti satu kata dalam bersikap dan bertindak dikarenakan masalah penerapan agama adalah masalah yang pastinya sensitif dan memerlukan kehati-hatian dalam menyikapi perbedaan .
  • Sebuah sekolah dianggap spesial dikarenakan usianya yang lama dan input siswanya yang berasal dari siswa yang pandai secara akademis. Banyak sekolah yang menjadi tujuan karena persaingan didalamnya yang keras dalam hal akademis. Siswa siswanya dengan kasadaran sendiri belajar, istilahnya gurunya tidak ada pun mereka akan belajar sendiri. Di sekolah tipe seperti ini orang tua murid mesti berhati-hati dikarenakan jika pengawasan guru dan sistem sekolah lemah, akan rawan sekali kasus bullying atau penindasan senior dan yunior. Hal ini wajar karena guru cenderung memberikan kekuasaan dan kepercayaan yang besar pada siswa. Karena siswanya dianggap mampu secara akademis. Padahal siswa tetap perlu pengawasan dan diawasi seberapa pun pintarnya ia dalam bidang akademis.
  • Sebuah sekolah dianggap spesial karena muridnya sudah turun temurun. Sekolah yang berusia cukup lama bisa menjadi tujuan dari ‘mantan siswa’ atau orang yang pernah bersekolah disitu. Penting untuk diingat bahwa tipe orang tua tersebut berharap sekolah masih mengutamakan hal-hal yang dahulu bisa membuat mereka menjadi besar dijamannya. Misalnya disiplin dan budi pekerti.  Sambil terus meningkatkan mutu dan mensejajarkan dirinya dengan perkembangan terbaru dalam metode dan startegi belajar mengajar.  Sekolah yang usianya lamajuga bisa berarti banyak hal. Bisa berarti sekolah tersebut berisi guru-guru yang mumpuni atau sebaliknya guru yang telah lama ada di zona nyaman dalam tanda kutip sudah enak dan malas berkembang dan belajar kembali karena sudah terlindung dibalik nama besar. Banyak sekali kekecewaan orang tua siswa dari tipe sekolah jenis ini.

Dan ini tingkatan sekolah yang paling tinggi

  • Sebuah sekolah menjadi spesial karena pribadi-pribadi yang ada didalamnya. Gurunya baik profesional, mengajar dengan kreatif. Kepala sekolahnya punya program yang baik yang didukung oleh stake holdernya. Semua individu dari satpam sampai ibu kantin, dari staff admin sekolah sampai petugas pembersih punya standar yang sama sebagai orang yang bekerja di institusi pendidikan. Sekolah  selalu punya cara dalam berkomunikasi dan menyampaikan sesuatu pada orang tua siswa. Orang tua siswa diasah potensinya lewat serangkaian kegiatan. Guru ditantang terus untuk jadi guru profesional dan mumpuni. Semua elemen di sekolah saling menghargai ada kemitraan denga n kesadaran penuh menjadi pendidik dan contoh bagi semua anak yang bersekolah disitu. Semua orang menyelesaikan perselisihan dan perdebatan dengan terus mengembalikan pada upaya untuk menomor satukan siswa. Keuangannya amanah dan tidak hitung-hitungan asal semuanya demi memberikan yang terbaik pada siswa.
Posted in Tak Berkategori

3 thoughts on “Apa yang membuat sekolah anda spesial di mata masyarakat?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s