Workshop Bagaimana menciptakan pembelajaran yang kondusif (hari ke 3)

dsc06257
Peserta melakukan permainan ‘opposite’ sebagai energizer
dsc06291
diskusi mendalam bersama peserta lain 

Di Hari ketiga ini (8 Mei 2015) peserta  pelatihan guru di Air Upas  Ketapang Kalimantan Barat mengidentifikasi KD serta merancang tujuan dan indikator pembelajaran, memilih materi ajar yang sesuai, merancang RPP. Dikarenakan para peserta adalah guru SD, saya meminta peserta membagi pendekatan saintific lewat tema atau kegiatan pembelajaran di kelasnya.

Dilanjutkan dengan fasilitator membahas teori taksonomi bloom sebagai jembatan untuk menuju aktivitas belajar yang beragam dan berlandaskan pendekatan saintifik. Biasanya Bloom Taxonomi digambarkan dalam bentuk piramida. Logika berpikir di balik piramida tersebut adalah:

4350fd4c9e47f5c559c7bd67598b0c6b
Gambar yang menunjukkan bagaimana proses berpikir kritis dalam pembelajaran 

Sebelum kita memahami sebuah konsep maka kita harus mengingatnya terlebih dahulu

– Sebelum kita menerapkan maka kita harus memahaminya terlebih dahulu

– Sebelum kita menganalisa maka kita harus menerapkannya dulu

– Sebelum kita mengevaluasi maka kita harus menganalisa dulu

– Sebelum kita berkreasi atau menciptakan sesuatu, maka kita harus mengingat, memahami,

mengaplikasikan, menganalisis dan mengevaluasi

Peserta kembali berkumpul sesuai dengan kelasnya untuk melanjutkan membuat aktivitas pembelajaran menarik yang nantinya akan menjadi indikator di RPP.

Setelah menulis kembali (menambahkan informasi) Peserta menempel hasil diskusi berupa kegiatan pembelajaran yang berlandaskan pendekatan saintifik.

dsc06294
Gallery walk melihat hasil diskusi grup lain 

Guru melakukan ‘gallery walk’, sebuah metode dimana guru diminta berjalan-jalan sekaligus menggunakan post it untuk memberikan pendapat, kritik yang konstruktif, saran dan usul pada guru tingkatan kelas lain. Semua guru dari yang berkumpul sesuai tingkat kelasnya melihat hasil karya kelompok lain. Guru kembali lagi ke kelompok asal untuk menjawab ide atau kritik dari peserta lain.

Setelah melakukan gallery walk, peserta langsung mendengar penjelasan fasilitator mengenai prinsip ABCD dan meminta peserta menghubungkan dengan RPP yang telah dibuat.

Audience: Siapkah yang menjadi target pembelajaran?

Behavior: tingkah laku seperti apa yang diharapkan di akhir pembelajaran?

Condition: alat bantu apa/ kondisi apa yang harus dipenuhi pada saat tingkah laku dilakukan oleh pembelajar?

Degree: standar/ ukuran apa yang digunakan untuk menunjukkan siswa telah mencapai tujuan khusus?

Peserta berkumpul lagi dengan teman satu tingkatnya untuk membahas prinsip ABCD jika dihubungkan dengan Rancangan RPP yang telah mereka buat . Setelah itu peserta menentukan juru bicara untuk melakukan presentasi.

Sebagai refleksi fasilitator meminta guru melakukan permainan mencocokkan kata dan kalimat. Caranya kalimat yang merupakan pengetahuan yang ada selama workshop 3 hari digunting-gunting sebanyak jumlah peserta. Peserta diminta mencari pasangan yang cocok dan menemukan sesama rekan yang mempunyai kalimat yang mencerminkan atau meneruskan kalimat yang dimilikinya.

dsc06299
Foto bersama dengan semua peserta yang bersemangat selama pelatihan 3 hari 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s