Hari kedua di tanggal 7 Mei 2015 guru berdiskusi mengenai bagaimana cara yang terbaik memasukkan pendekatan saintifik agar membuat guru kreatif dan siswa senang belajar dan selalu tertantang. Berdasarkan diskusi bersama dengan semua guru yang hadir didapatkan ciri seorang guru yang kreatif adalah
- Suka berimajinasi,
- Senang mencoba hal yang baru,
- Ingin lebih baik dari yang lain,
- Kerjasama,
- Tidak putus asa,
- Semangat
- Senang bisa kerjasama dengan orang lain
Saya kemudian menjelaskan makna kreativitas antara lain :
- kreativitas adalah ketrampilan yang dapat dipelajari
- mesti punya originalitas dan nilai (azas manfaat)
- melibatkan ketrampilan berfikir
- Stimulation play (terarah) dan discovery (penemuan)
Saya kemudian membagi guru dalam kelompok menurut kelasnya dan lanjut dengan menerangkan saintific approach. Pendekatan ini adalah pendekatan pembelajaran yang terdiri atas kegiatan mengamati (untuk mengidentifikasi hal-hal yang ingin diketahui), merumuskan pertanyaan (dan merumuskan hipotesis), mencoba/mengumpulkan data (informasi) dengan berbagai teknik, mengasosiasi/ menganalisis/mengolah data (informasi) dan menarik kesimpulan serta mengkomunikasikan hasil yang terdiri dari kesimpulan untuk memperoleh pengetahuan, keterampilan dan sikap. Langkah-langkah tersebut dapat dilanjutkan dengan kegiatan mencipta, guru kemuadian melanjutkan dengan presentasi.
Diskusi berlangsung menarik dan membuat semua peserta terlibat untuk membuat kegiatan pembelajaran yang mengacu pada pendekatan saintifik. Setiap tingkatan kelas dengan antusias mempresentasikan hasil diskusinya kepada seluruh peserta