Workshop hari ke 3 Program Membaca (

Di hari ketiga pelatihan program membaca saya memandu peserta melakukan simulasi RPP , dan saya meminta kelompok yang tidak tampil memainkan peran sebagai siswa dan ditugaskan untuk memberikan umpan balik kepada kelompok yang tampil di akhir kegiatan simulasi.

Dari 2 simulasi RPP yang dilakukan oleh peserta dapat disimpulkan bahwa kedua kelompok berhasil mengintegrasikan aktivitas membaca ke dalam PBM menggunakan bahan bacaan tambahan hasil karya mereka. Namun dalam pembuatan bahan bacaan tambahan, alur cerita perlu dilihat kembali urutan dan isinya. Penggunaan story- board dalam merancang alur cerita akan sangat membantu peserta dalam menyusun bahan bacaan tambahan. Dari segi tampilan buku sudah sangat baik dengan komposisi gambar dan tulisan yang sesuai dilengkapi dengan ilustrasi pada sampul buku dan pemilihan judul yang menarik.

Peserta diminta untuk membuat rencana aktivitas membaca di kelas yang akan dilaksanakan secara rutin di kelas masing-masing. Peserta dipandu oleh saya sebagai fasilitator melakukan pembuatan indikator ketercapaian. (Instrumen Monitoring dan Evaluasi ) Peserta menyampaikan bahwa untuk melibatkan orang tua siswa dalam program membaca kelas dibutuhkan dukungan dari tim manajemen sekolah terutama dalam membangkitkan motivasi orang tua bahwa membaca itu sangatlah penting.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s